Fantastis! Gaji Bos Hyundai Rp 368 M, Tertinggi di Antara Keluarga Chaebol

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 18 Agu 2021 13:54 WIB
Hyundai Santa Fe 2016
Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Ketua Kehormatan Hyundai Motor Group, Chung Mong-koo menjadi orang dengan bayaran tertinggi selama paruh pertama tahun ini. Bayarannya paling tinggi di antara keluarga chaebol alias konglomerat lainnya di Korea Selatan (Korsel).

Dilansir dari Yonhap News berdasarkan pengajuan sekuritas, Rabu (18/8/2021), Chung memiliki bayaran US$ 25,73 juta atau setara Rp 368,10 miliar (kurs Rp 14.340), termasuk 29,76 miliar won dalam uang pesangon dari pembuat suku cadang mobil Hyundai Mobis Co.

Kemudian diikuti oleh mendiang Shin Choon-ho, Ketua Pembuat Mie Nongshim, dengan 21,43 miliar won. Beliau telah meninggal pada bulan Maret lalu.

Meski begitu, penghasilan teratas di antara chaebol tetap diduduki oleh Ketua Lotte Group Shin Dong-bin. Kompensasinya selama periode Januari-Juni berjumlah 7,97 miliar won, naik dari 6,28 miliar won pada periode yang sama tahun lalu, yang juga merupakan jumlah tertinggi di antara para pemimpin konglomerat.

Ketua Grup LG Koo Kwang-mo berada di urutan berikutnya dengan 6,58 miliar won, diikuti oleh Ketua Grup Petrokimia Kumho Park Chan-koo dengan 3,87 miliar won dan Ketua Grup CJ Lee Jay-hyun dengan 3,85 miliar won.

Ketua Grup SK Chey Tae-won memperoleh 3,84 miliar won selama periode enam bulan, sementara Ketua Grup LS Koo Ja-yeol menerima 3,5 miliar won.

Ketua Hyundai Motor Group Chung Eui-sun, putra Chung Mong-koo, memperoleh 3,25 miliar won selama periode tersebut.

Wakil Ketua Samsung Electronics Lee Jae-yong tidak menerima gaji sejak Maret 2017, saat ia menghadapi persidangan atas skandal korupsi. Di antara para pemimpin bisnis yang bukan keluarga pemilik, Ketua Dewan SK Supex Cho Dae-sik menerima 5,25 miliar won.

Lihat juga video 'Cocok Buat Tantang Innova, Akankah Hyundai Custo Hadir di Indonesia?':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/dna)