Sumbang Rp 5 T untuk Afghanistan, Inggris Ajak Negara Lain Ikutan

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 19 Agu 2021 15:23 WIB
Setelah mengambil alih Afganistan, Taliban akan menetapkan tatanan politiknya dalam waktu dekat. Ada janji-janji yang terlontar dari mereka.
Ilustrasi/Foto: AP Photo
Jakarta -

Inggris akan menyumbang bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan senilai 286 juta pound sterling atau setara Rp 5,6 triliun (kurs Rp 19.886). Hal ini diumumkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab melalui akun Twitternya.

"Kami meminta yang lainnya untuk mengikuti jejak kami untuk memastikan warga Afghanistan yang paling rentan menerima bantuan kemanusiaan yang mereka butuhkan," kata Raab, dikutip dari Reuters, Kamis (19/8/2021).

Selain itu, sebelumnya Inggris juga telah membuka pintu untuk 5.000 orang Afghanistan yang akan melarikan diri dari Taliban. Pihaknya juga akan memprioritaskan perempuan, anak perempuan dan agama serta minoritas lainnya.

Inggris juga telah meminta negara-negara lain untuk membantu menerima pengungsi Afghanistan. Raab mengungkap, dirinya telah berdialog dengan rekan-rekannya di Amerika Serikat dan India agar mereka ikut membantu orang-orang di Afghanistan.

Selama beberapa hari ketika Taliban telah menguasai Afghanistan, Duta Besar Inggris untuk Afghanistan meminta Taliban untuk membebaskan warga Inggris dan warga Afghanistan yang ingin keluar dari negara itu.

Sebagai informasi, Taliban berhasil menguasai Afghanistan. Pemerintahan negara itu telah runtuh dan bahkan warganya takut akan kebrutalan aturan dari Taliban. Maka banyak warga di sana yang berlomba-lomba untuk pergi hingga menyebabkan bandara di sana padat orang.

(eds/eds)