Cek di Sini, Cara Daftar Bansos PPKM 2021

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 20 Agu 2021 08:55 WIB
Pembagian BST berupa beras 10 kilogram dilakukan di Kantor Pos Besar, Yogyakarta, Selasa (17/8/2021). Warga tampak mengantre dengan mengabaikan protokol kesehatan.
Cek di Sini, Cara Daftar Bansos PPKM 2021
Jakarta -

Sejumlah program bantuan sosial (bansos) selama PPKM telah dipastikan oleh pemerintah akan terus dilanjutkan. Namun sebagian masyarakat yang memerlukan masih belum menerima bantuan tersebut lantaran tidak tahu cara daftar bansos PPKM Darurat 2021.

Padahal pemerintah berencana untuk masih menyalurkan sejumlah bansos tersebut hingga tahun 2022 mendatang. Hal ini dilakukan pemerintah guna membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

Meski demikian, perlu diingat bahwa cara daftar sejumlah bansos berbeda-beda. Untuk bansos kartu Prakerja misalkan, masyarakat dapat mendaftarkan diri dalam program kartu Prakerja melalui website resmi prakerja.go.id.

Ada juga subsidi upah di mana penerima bantuan tidak perlu mendaftarkan diri secara langsung sebab data penerima bantuan telah disaring langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan untuk penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta, maka pelaku usaha mikro bisa mendaftarkan diri ke dinas bidang koperasi dan UKM di masing-masing pemerintah kabupaten/kota.

Selain itu ada juga bansos-bansos lain seperti kartu sembako, BLT Desa, Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah disiapkan oleh Kemensos. Lalu bagaimana cara mendapatkan bansos PPKM Darurat 2021 dari Kemensos ini?

Cara daftar bansos yang termudah adalah dengan melakukan konfirmasi langsung ke perangkat desa maupun kelurahan jika data Anda belum masuk dalam daftar penerima bansos yang diusulkan oleh RT atau RW. Apabila memenuhi syarat penerima bansos, maka Anda akan mendapatkan surat pemberitahuan yang isinya teknis pendaftaran pada tempat yang sudah ditentukan.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk membawa berkas seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan kode untuk keluarga yang dimiliki dalam data terpadu saat mencairkan bansos tersebut.

Demikian cara daftar bansos PPKM Darurat 2021. Perlu diingat bahwa setiap bansos memiliki syarat dan cara daftarnya masing-masing.

(fdl/fdl)