Kabar Buruk Nih... Harga Emas di Pegadaian Turun Terus

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 20 Agu 2021 10:22 WIB
Pandemi Corona membuat sejumlah warga terpaksa menggadaikan harta benda untuk memnuhi kebutuhan hidup. Mulai dari emas hingga kendaraan.
Kabar Buruk Nih... Harga Emas di Pegadaian Turun Terus
Jakarta -

Harga emas di Pegadaian hari ini kembali mengalami penurunan. Salah satu sentimen yang memberatkan harga emas dunia termasuk acuan di Pegadaian adalah rencana kebijakan pengurangan nilai program pembelian aset (quantitative easing/QE) atau tapering di AS.

Melansir situs resmi Pegadaian, Jumat (20/8/2021), harga jual emas hari ini berada di level Rp 876 ribu/gram. Angka itu turun dari posisi kemarin Rp 880 ribu/gram dan 2 hari sebelumnya Rp 883 ribu/gram.

Sedangkan harga beli emas di Pegadaian hari ini di level Rp 849 ribu/gram. Angka itu juga turun dibandingkan kemarin Rp 853 ribu/gram dan lebih rendah juga dibandingkan 2 hari sebelumnya Rp 856 ribu/gram.

Melansir Kitco, harga emas dunia juga sudah 3 hari berturut-turut mengalami penurunan. Harga emas berjangka hari ini dibuka pada level US$ 1.789,50 dan diperdagangkan ke terendah US$ 1.774,60 dan tertinggi US$ 1.795.

Penyebabnya pelaku pasar terpengaruh atas hasil risalah dari pertemuan Federal Reserve FOMC terakhir. Kesimpulan dari rapat itu adalah akan memangkas nilai pembelian aset atau tapering.

Meski begitu pelaku pasar akan mendapatkan informasi yang lebih luas mengenai kapan The Fed akan mulai mengurangi pembelian aset bulanan mereka sebesar US$ 120 miliar dari Treasuries dan MBS.

(das/fdl)