Apa Saja yang Disumbangkan Perusahaan Selama Pandemi Corona?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 21 Agu 2021 21:00 WIB
Corona Virus test report Stock Image, Test tube
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Richard Maguluko

Event penganugerahan Top Corporate Social Responsibility Award 2021 dan Top Corporate Social Responsibilitu Award 2021, Special Achievement For COVID-19 Handling Activities, Vaccination Program juga diisi dengan webinar yang mengadirkan nara sumber Dr. Gancar Candra Premananto - Ketua Manajemen FEB Universitas Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut Gancar menjelaskan, berbuat baik selamanya tidak hanya membutuhkan dana, namun bisa juga dilakukan dengan pikiran yang dibagikan untuk keberlangsungan hidup sebagai sesama manusia, terlebih di masa pandemic ini tentunya semua masyarakat merasakan bagaimana diri mereka mengahadapi tantangan baru dalam menjalani hidup.

Melalui webinar yang berjudul "The Power of CSR" Gancar mengungkapkan bahwasanya walaupun pandemic ini hampir dua tahun melanda Indonesia, namun untuk berbagi kebaikan kepada sesama tidak harus menunggu hingga pandemic berakhir. Bagi beberapa perusahaan, mungkin merasa bahwa mereka sedang di-challenge di masa sulit ini. Namun sebagai pebisnis, mereka selaku pemilik tidak akan membiarkan perusahaannya jatuh begitu saja.

"Mereka akan selalu melakukan upaya agar perusahaan mereka tetap survive dengan melakukan berbagai upaya seperti inovasi baru, beradaptasi dengan konsumen di era digital ini ataupun melakukan kegiatan CSR sebagai upaya mendekatkan diri dan berbagi terhadap sesama," ujar Gancar.

Gancar juga mengingatkan, bahwa dengan membagikan sebagian harta yang dimiliki tidak membuat seseorang menjadi miskin. Dicontohkan, para miliarder dunia, seperti Bill Gate, Warren Buffet, Mark Zukerberg, dan Tahir dari Indonesia, merupakan tokoh filantropi dunia, yang membagikan sebagian besar hartanya untuk amal.

"Hal itu tidak membuat mereka menjadi miskin, tapi malah semakin kaya," ujar Gancar.


(kil/eds)