PPKM Mau Berakhir, Bakal Diperpanjang Lagi?

ADVERTISEMENT

PPKM Mau Berakhir, Bakal Diperpanjang Lagi?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 23 Agu 2021 09:58 WIB
Meski operasional mal telah dibuka, namun suasana di dalam Blok M Square, Jakarta, Kamis (12/08/2021), terlihat sepi dari pengunjung.
PPKM Mau Berakhir, Bakal Diperpanjang Lagi?
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel baik itu untuk Jawa-Bali maupun yang berada di luar Jawa-Bali akan berakhir hari ini. Meski PPKM mau berakhir hari ini, penerapan PPKM selanjutnya belum diputuskan apakah bakal diperpanjang atau tidak.

Nasib perpanjangan PPKM ini akan diputuskan pemerintah hari ini, Senin (23/8/2021). Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, pemerintah akan mengumumkan nasib perpanjangan PPKM pada malam hari.

"Iya pasti (diumumkan hari ini)," kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, kepada wartawan, Minggu (22/8/2021).

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Pusat Wiku Adisasmito menegaskan bahwa PPKM merupakan instrumen yang akan diterapkan untuk pengendalian COVID-19 di Tanah Air. PPKM akan diterapkan berdasarkan kondisi terbaru di lapangan.

Jadi apakah PPKM mau berakhir? Hal ini akan bergantung pada kondisi penyebaran virus corona saat ini. Bila penyebaran mulai terkendali maka PPKM akan semakin dilonggarkan, namun bila penyebaran semakin memburuk maka PPKM akan semakin diperketat.

"Jika kondisi semakin terkendali maka pengaturan pembatasan akan semakin dilonggarkan begitu juga sebaliknya," ucap Wiku.

Tentang evaluasi PPKM Jawa Bali dan luar Jawa Bali memang rentang waktunya berbeda. Pemerintah memutuskan PPKM Jawa Bali dievaluasi setiap seminggu sekali, sedangkan di luar Jawa Bali dua minggu sekali.

Sebagai informasi, sebelumnya Luhut telah menegaskan lalau setiap langkah pemerintah (baik itu PPKM mau berakhir atau masih berlanjut) sudah mempertimbangkan masukan para ahli. Oleh sebab itu ada perbedaan langkah penanganan PPKM di Jawa Bali dan luar Jawa Bali ini pun memiliki alasan tersendiri.

Simak Video: Wagub DKI Ungkap Alasan Jakarta Masih PPKM Level 4

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT