Pandemi Belum Reda, Luhut: Hampir Pasti 2 Tahun Lagi Belum Selesai COVID-19

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 24 Agu 2021 11:30 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pandemi COVID-19 akan tetap berlangsung dalam waktu yang lama. Tak menutup kemungkinan dua tahun lagi pandemi masih berlangsung.

Menurutnya, dari beberapa literatur yang dia baca banyak ahli menyebutkan pandemi akan berjalan dalam waktu yang panjang. Hal itu diungkapkan Luhut saat menjawab pertanyaan para pengusaha yang khawatir pandemi masih berlangsung satu atau dua tahun ke depan.

"Bagaimana kalau pandemi masih dua tahun lagi? Hampir pasti ini dua tahun lagi belum selesai nih COVID-19 kalau menurut saya. Itu setelah saya baca dari penelitian para ahli-ahli, tadi pagi saya juga baca satu, saya ndak ahli, tapi saya baca banyak paper," ungkap Luhut dalam Rakerkornas Apindo, Selasa (24/8/2021).

"Mereka (para ahli) belum melihat akan selesai cepat ini pandemi," katanya.

Di samping itu, pemerintah saat ini sedang menyiapkan cara agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan COVID-19. Salah satu contoh kecilnya adalah peningkatan protokol kesehatan melalui penerapan 3M, dan juga melakukan 3T. Vaksinasi juga dipercepat ke seluruh masyarakat.

"Ini lah strategi kita siapkan sekarang, agar bisa hidup dengan itu (virus COVID-19). Di samping vaksin, masker, 3 T ini juga masuk. Peduli Lindungi ini jadi salah satunya," kata Luhut.

Dia juga mengatakan, saat ini herd immunity bukan lagi hal yang dikejar pemerintah, pasalnya efikasi vaksin COVID-19 tidak ada yang 100%. Artinya, meski sudah vaksin, virus COVID-19 masih bisa saja menjangkit.

"Memang karena varian delta ini nggak memungkinkan kita masuk ke herd immunity, angka ini karena reproduksi penularan delta 5-8 kali lebih kuat. Vaksin yang ada efikasinya hanya 60-70%, mau Pfizer atau apa nggak ada yang tahan," ungkap Luhut.

Luhut menekankan vaksinasi COVID-19 tetap dilakukan. Cek halaman berikutnya.