Harga PCR Turun, Pengusaha Klaim Punya Peran Besar

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 24 Agu 2021 11:38 WIB
Hariyadi Sukamdani
Foto: MarkPlus, Inc
Jakarta -

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyebut harga tes PCR turun berkat campur tangan pengusaha. Sebab, pengusaha turut melakukan tekanan publik agar pemerintah menurunkan harga tes COVID-19 tersebut.

Hariyadi menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan beberapa advokasi yang diharapkan dapat memberikan dampak positif, termasuk bagi pengusaha.

"Mungkin kalau boleh saya sebutkan saja yang baru saja kita berhasil melakukan tekanan publik yaitu adalah menurunkan harga tes PCR," katanya dalam Rakerkonas Apindo, Selasa (24/8/2021).

Dia menjelaskan bahwa tes PCR menjadi sesuatu yang sangat penting untuk mengendalikan COVID-19. Berkat harganya yang semakin rendah, pihaknya berharap testing akan semakin baik dan semakin meluas.

"Dan tracing-nya yaitu untuk melacak kontak erat orang yang terpapar COVID-19 juga menjadi lebih luas juga," sebut Hariyadi.

Dengan demikian, pandemi COVID-19 akan mampu diatasi secara lebih baik, di mana orang-orang yang terpapar virus Corona dapat berkurang.

"Nah ini adalah untuk menurunkan nantinya tentu kemungkinan dari orang yang terpapar," tambahnya.

(toy/zlf)