3 Pemotor RX King Masuk Aspal Sirkuit Mandalika, Pengamanan Diperketat

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 24 Agu 2021 12:40 WIB
Jakarta -

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan wisata Mandalika menyayangkan adanya kejadian tiga pengendara motor RX-King yang tertangkap kamera menjajal lintasan utama Jalan Khusus Kawasan (JKK) Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat belum lama ini.

VP Corporate Secretary ITDC, I Made Agus Dwiatmika mengatakan saat ini Sirkuit Mandalika sedang mengikuti proses homologasi, sehingga lintasan tersebut perlu dijaga aksesnya agar kualitasnya sesuai dengan syarat penyelenggaraan balapan motor Internasional.

"Kami menyayangkan adanya insiden masuknya pengendara motor ke dalam lintasan utama JKK Sirkuit Mandalika," kata Agus kepada detikcom, Selasa (24/8/2021).

Menindaklanjuti insiden itu, pihaknya mengaku tidak akan menghukum tiga pengendara RX-King tersebut. Namun pengamanan sekitar Sirkuit Mandalika juga akan lebih diperketat dan menekankan langkah-langkah persuasif serta sosialisasi kepada masyarakat.

"ITDC akan memperketat pengamanan dan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait dibatasinya akses ke lintasan sirkuit. Kami berharap masyarakat memahami kondisi ini dan bersama-sama turut menjaga kualitas lintasan Sirkuit kebanggaan kita semua ini," pintanya.

"ITDC memohon dukungan dari semua pihak agar pembangunan berjalan lancar dan impian kita bersama untuk menyaksikan event balap motor internasional dapat terwujud," tambahnya.

Agus menjelaskan pihaknya sedang menyelesaikan dua tunnel (terowongan) yang akan menjadi akses mobilitas para penonton ke service area, hotel, serta fasilitas lain di luar area trek.

Terowongan juga disediakan sebagai akses bagi warga untuk keluar-masuk dari atau ke dalam area JKK Sirkuit Mandalika. Untuk akses menuju ke Pantai Seger, ITDC sedang membuatkan akses baru di pinggir service road.

"ITDC meminta warga dapat memanfaatkan akses-akses tersebut untuk keluar/masuk area JKK," tuturnya.

(aid/zlf)