Ini Capaian Target Erick Thohir Perbanyak Anak Muda-Wanita di BUMN

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 25 Agu 2021 10:00 WIB
Hari ini vaksin tahap ke-14 kembali tiba di Indonesia. Sebanyak 8 juta bulk vaksin Sinovac mendarat di Bandara Soetta. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menerima dan melihat langsung.
Foto: AmiriYandi/DJIKP-Kemkominfo
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan saat ini pihaknya terus meningkatkan keterlibatan anak muda hingga memajukan kesetaraan gender. Dia mencontohkan dua wakil menterinya yang umurnya di bawah dia, kemudian kini semua lini Kementerian BUMN telah melibatkan perempuan.

"Sekarang dua Wamen saya lebih muda dari saya lagi, kita sudah buktikan keberpihakan pembangunan sumber daya manusia human capital. Sekarang deputinya umur 38 tahun. Kita juga sudah lakukan bagaimana kesetaraan gender, ada 1 wanita di semua lini kita lakukan kesetaraan gender," kata Erick dalam acara BUMN Muda, Rabu (25/8/2021).

Meski demikian, Erick mengingatkan ada target yang belum tercapai. Di mana kepemimpinan anak muda di BUMN belum mencapai target awal yakni 5%. Kemudian keterlibatan perempuan di pimpinan BUMN baru 12%, padahal target tahun ini 14%.

"Kepemimpinan muda harusnya 5%, laporan terakhir baru 4% lebih. Kesetaraan gender 12%, dulu 14%, ini sudah bulan Agustus tinggal 4 bulan lagi. Saya juga tidak ingin memaksakan apa kita hanya mendorong individu untuk sekedar mencapai target kita bersama tanpa basis kapabilitasnya, tetapi kita harus pakai hati," jelasnya.

Erick mengakui dalam memilih pemimpin itu tidak mudah. Karena jika salah pilih sebuah perusahaan atau korporasi bisa berjalan ke arah yang salah. Tetapi menurutnya itu menjadi tantangan yang tetap harus dihadapi.

"Memilih seorang pemimpin itu menjadi tonggak penting untuk sebuah korporasi karena kalau salah memilih akhirnya bisa menjadi snowball ke arah yang tidak baik. Tetapi itu harus menjadi challenge bagi kita bersama harus kita lakukan harus kita pastikan itu terjadi," tutupnya.

Tonton juga Video: Erick Thohir Kaget Tahu Salah Satu Peneliti AstraZeneca Pegawai BUMN

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)