Menhub Pamer ke DPR PNBP Capai Rp 7,7 T di 2020, Naik 10%

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 26 Agu 2021 14:44 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: dok. Kemenhub
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kemenhub pada 2020 sebesar Rp 7,7 triliun. Angka tersebut naik sekitar 10% dari PNBP tahun 2019.

"Jadi PNBP tahun lalu (2020) sudah naik 10%, jadi Rp 7,7 triliun, dan kami berjanji tahun ini kami tingkatkan lagi karena dengan PNBP itu kami bisa memberikan suatu ruang fiskal baru bagi kami untuk membangun juga,"ujar Budi dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Kamis (26/8/2021).

Hal itu dia katakan dalam agenda laporan keuangan realisasi 2020. Budi mengatakan, pada 2020 makin berkurang alokasi dana yang diberikan bagi Kemenhub.

"Tetapi kami mengerti bahwa upaya dari Kementerian Keuangan yang tentunya sudah diarahkan oleh presiden bahwa alokasi itu memang segitu dan banyak tugas-tugas dari pemerintah untuk menyelesaikan masalah COVID-19," ujarnya.

Dia mengatakan, peningkatan PNBP membuktikan bahwa pihaknya menerima tantangan dalam meningkatkan anggaran yang relatif berkurang.

Selain itu, Budi juga mengungkapkan realisasi APBN 2021hingga Agustus telah mencapai 50,06% dari total pagu yang sudah mengalami refocusing menjadi Rp 31,3 triliun.

"Dari apa yang sudah kita lakukan, kami laporkan mencapai 50% lebih tinggi dari tahun lalu. Berarti yang kami rencanakan di akhir tahun 98,7% insyaallah tercapai," kata Budi.

Dia mengatakan, terkait realisasi di tahun 2021 banyak mengalami tekanan karena pandemi COVID-19. Selanjutnya, anggaran yang akan direalisasikan ke depan akan lebih banyak pada belanja modal kementerian.

"Kami secara khusus memanggil dan kami meminta kepada Kepala Daerah juga untuk ikut serta. Tentu anggaran itu untuk pegawai, belanja modal, dan pesan bapak presiden belanja modal itu harus ditingkatkan dan disegerakan. Karena dengan belanja modal kita mendapatkan dorongan ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

Lihat juga video 'Menhub Minta Pandemi Dijadikan Batu Loncatan Agar Lebih Tangguh':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)