Rencana Besar Jokowi: RI Produksi Vaksin COVID-19 Tahun Depan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 26 Agu 2021 16:40 WIB
Infografis Vaksin Merah Putih
Ilustrasi/Foto: detikcom
Jakarta -

Indonesia berencana mulai memproduksi vaksin tahun depan. Menurut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hal ini menjadi rencana besar Presiden Joko Widodo dalam penanganan pandemi tahun depan.

Dia mengatakan selama ini cukup besar dana yang dikeluarkan negara untuk impor vaksin dari berbagai negara. Dana yang besar itu ingin diarahkan untuk membangun industri vaksin di dalam negeri.

"Road map tahun depan, pak Presiden sudah minta berapa (vaksin) yang bisa diproduksi dalam negeri. Baik itu Merah Putih ataupun kerja sama lainnya, sehingga devisa untuk vaksinasi ini bisa digunakan produksi dalam negeri," ungkap Airlangga dalam tayangan acara Forum Fristian di YouTube TVRI Nasional, dikutip Kamis (26/8/2021).

Dana yang dibutuhkan untuk membeli vaksin dari berbagai negara memang nyatanya cukup besar. Sebelumnya Airlangga pernah mengatakan impor vaksin yang dilakukan selama pandemi COVID-19 telah menghabiskan dana hingga mendekati Rp 70 triliun.

Maka dari itu pemerintah ingin ketergantungan impor vaksin ini dikurangi dan mendorong kemampuan produksi vaksin dalam negeri.

"Kita harap ketergantungan impor vaksin yang memakan devisa mendekati Rp 70 triliun bisa berkurang. Ke depan biaya besar ini bisa didorong untuk mendorong kemampuan teknologi bio science di Indonesia," papar Airlangga dalam HUT BPPT secara virtual, Senin kemarin.

Simak video 'Serba-serbi Sputnik-V yang Sudah Dapat EUA BPOM':

[Gambas:Video 20detik]