Nggak Punya Rekening Bank BUMN, Bisa Dapat Subsidi Gaji?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 27 Agu 2021 12:07 WIB
Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan, Ini Caranya!
Nggak Punya Rekening Bank BUMN, Bisa Dapat Subsidi Gaji?
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah meminta bank-bank BUMN (Himbara) untuk membuat rekening secara kolektif bagi pekerja yang akan menerima bantuan subsidi upah/gaji (BSU) Rp 1 juta tahap III.

BSU tahap III ini memang khusus diberikan untuk para pekerja yang belum memiliki rekening bank BUMN, yakni BRI, BNI, Mandiri, maupun BTN. Harapannya BLT bagi pekerja ini bisa diterima pekerja pada pekan depan.

"Kita sudah mintakan kepada pihak Himbara untuk membantu buka rekening kolektif sehingga kita harapkan awal minggu depan sudah diterima oleh calon penerima," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (27/8/2021).

Data calon penerima tahap III yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan kepada Kemnaker berjumlah 1,5 juta data. Namun setelah dicek dan dipadankan dengan data penerima program bantuan lainnya dari pemerintah, hanya 1.428.069 pekerja yang lolos.

Sementara untuk penyaluran subsidi gaji atau BSU tahap I dan II, dijelaskan Anwar sudah diterima oleh 2.093.038 pekerja. Total seluruh penerima BSU adalah 8,7 juta pekerja.

Sesditjen PHI dan Jamsos Kemnaker Surya Lukita sebelumnya mengatakan, bantuan subsidi gaji disalurkan secara bertahap hingga 5 tahap.

"Tinggal kita tunggu tahap 3 rencananya sampai 5 tahap sehingga total sebanyak 8,7 juta orang penerima BSU ini dapat memperoleh dana," katanya dalam webinar TNP2K, Kamis (19/8/2021).

(toy/fdl)