Makin Tajir, Bos Apple Terima Bonus Rp 10,6 Triliun!

Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 27 Agu 2021 13:58 WIB
Tim Cook Macbook Air
Foto: Getty Images
Jakarta -

CEO raksasa teknologi Apple, Tim Cook, telah menerima lebih dari lima juta lembar saham dari perusahaannya minggu ini. Berdasarkan pengajuan untuk Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) yang diposting oleh Apple pada hari Kamis, saham yang diterima bos Apple ini bernilai lebih dari US$ 750 juta atau sekitar Rp 10,6 T.

Besaran itu menjadikan Cook kian tajir. Saat ini kekayaannya berdasarkan Forbes, mencapai US$ 1,4 miliar.

Melansir dari CNBC, Jumat (27/8/2021), pemberian Tranche of stock ini merupakan bagian terakhir dari paket kompensasi yang diterima Cook saat menjabat sebagai CEO Apple sejak 10 tahun lalu.

Selain itu sebelumnya pada tahun lalu, ia juga sudah mendapat paket kompensasi baru yang berlaku hingga 2026. Mayoritas kompensasi yang diterima oleh Cook ini dalam bentuk unit stok terbatas.

Meski baru mendapat sejumlah lembar saham dari perusahaan, menurut pengajuan SEC pada awal pekan ini Cook telah menyumbangkan sejumlah saham Apple yang dimilikinya ke badan amal yang tidak disebutkan namanya. Bila dihitung, lembar saham yang telah disumbangkan oleh cook ini bernilai hampir US$ 10 juta atau setara dengan Rp 144 miliar.

Hal ini sejalan dengan apa yang sebelumnya telah Cook katakan kalau dia akan menyumbangkan seluruh kekayaannya untuk amal.

Sebagai informasi, saat ini Apple berada di sepertiga teratas perusahaan dalam hasil analisis kohort, dengan total pengembalian pemegang saham 191,83% selama tiga tahun terakhir. Menurut hasil analisis kohort tersebut, Apple berada di peringkat 13 dari 442 perusahaan.

Sejak Cook menjadi CEO pada 2011, saham Apple telah meningkat lebih dari 1.200%.



Simak Video "CEO Apple Apresiasi Wisudawan 'Apple Developer Academy' Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)