Luhut Ingatkan Tahun Depan Gelombang COVID-19 Bisa Datang Lagi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 27 Agu 2021 16:32 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali lagi bicara soal ancaman COVID-19. Luhut mengatakan tahun depan bisa jadi akan ada gelombang lonjakan kasus COVID-19 yang menghantam dunia. Hal itu sesuai dengan prediksi dari salah satu literatur yang dia baca.

Luhut yang juga menjadi koordinator PPKM Jawa Bali ini mengatakan arahan Presiden Joko Widodo ke bawahannya adalah membuat suatu konsep dan rencana untuk bisa hidup berdampingan dengan virus Corona.

"Kita semua akan hidup, seperti arahan Presiden, dalam keadaan COVID seperti ini. Tadi ada satu tulisan saya baca lagi, kalau tahun depan ini bisa saja ada gelombang berikutnya," ungkap Luhut kala menghadiri soft launching Kereta Bandara YIA, Yogyakarta, Jumat (27/8/2021).

"Maka saya ingatkan, harus jaga protokol kesehatan dengan ketat, sehingga kita bisa navigasi dalam kondisi itu," katanya.

Luhut menegaskan pemerintah akan menggenjot percepatan dan pemerataan vaksinasi hingga pengetatan penerapan protokol kesehatan. Tak terkecuali penerapan aplikasi Peduli Lindungi di tempat umum.

"Semua kegiatan kita akan jalan dengan Peduli Lindungi, tujuannya untuk memastikan semua kita misalnya yang ada di ruangan ini itu negatif (COVID-19) dan sudah divaksin," ungkap Luhut.

Di sisi lain, Luhut pun meminta penerapan aplikasi Peduli Lindungi bisa dilakukan di Stasiun Kereta Bandara YIA. "Maka di sini juga harus segera dipasang Peduli Lindungi," ujarnya.