Pedagang Warteg hingga Warkop Bisa Dapat Bantuan Modal, Caranya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 28 Agu 2021 09:30 WIB
PPKM level 4 akan berakhir hari ini. Begini suasana kawasan bundaran Hotel Indonesia, Pasar Mete, dan Warteg di Jakarta.
Pedagang Warteg hingga Warkop Bisa Dapat Bantuan Modal, Caranya?
Jakarta -

Pelaku usaha mikro dan pedagang kaki lima akan mendapatkan bantuan program Tenaga Kerja Mandiri dari Kementerian Ketenagakerjaan. Ditargetkan ada 100 ribu pelaku usaha di seluruh Indonesia yang akan mendapatkan bantuan berbentuk dukungan modal.

Usaha yang akan mendapatkan bantuan antara lain warung makan, ternak lele, petani, kuliner kekinian, warung kopi sampai warung sembako. Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Suhartono mengungkapkan bantuan ini adalah program reguler perluasan kesempatan kerja semasa pandemi COVID-19.

"Program ini adalah upaya yang dilakukan oleh Kemnaker untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 dan kebijakan PPKM level 4 yang berakibat pada pelemahan perekonomian," ujar Suhartono, Sabtu (28/8/2021).

Kemnaker juga berupaya melakukan percepatan program vaksinasi pekerja atau buruh di sektor esensial, program padat karya untuk 45 ribu orang dan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Sebelumnya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut pemerintah juga telah memberikan dukungan dalam berbagai bentuk kepada pengusaha untuk mengatasi dampak COVID-19 agar perekonomian masyarakat bergerak, seiring dengan pemulihan ekonomi nasional.

Sejak bulan lalu, penyerahan bantuan program TKM itu sudah dilaksanakan. Antara lain, Jakarta, pada tanggal 26 Juli 2021, yang diterima oleh empat kelompok usaha di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, dan Sumur Batu Jakarta Pusat.

Kemudian Kota Surakarta di tanggal 8 Agustus 2021, bantuan diserahkan Dirjen Binapenta dan PKK Suhartono kepada Empat kelompok PKL yang membuka usaha di sekitar Stadion Manahan. Tak ketinggalan, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, pada 5 Agustus 2021, bantuan program TKM itu diterima oleh 5 kelompok usaha.

(kil/fdl)