PPKM Lanjut Lagi, Bansosnya Bagaimana?

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 23 Agu 2021 21:36 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Seiring dengan masih terus diperpanjangnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sejumlah bantuan sosial (Bansos) kembali digelontorkan pemerintah sebagai upaya perlindungan bagi mereka yang paling terdampak dari kebijakan tersebut.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap realisasi program bansos yang sudah disalurkan pemerintah hingga saat ini.

"Dari segi program jaminan pengaman sosial dapat kami sampaikan, program beras bulog 10 kg per keluarga ini dari target 28,8 juta tahap pertama sudah diselesaikan dan disalurkan kepada 20 juta keluarga, tahap kedua 8,8 juta dalam proses penyaluran," kata dia dalam paparan media yang digelar secara online, Senin (23/8/2021).

Bantuan lain yang disalurkan pemerintah adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp 1 juta. Adapun bantuan tersebut saat ini terus dikebut proses penyalurannya.

"BSU Rp 1 juta, target 8,8 juta (penerima) di sektor non kritikal di PPKM level 3 dan 4 yang disalurkan dalam 5 tahap dan tahap pertama 947.699 penerima sudah selesai. Tahap kedua 1,25 juta mulai disalurkan pada tanggal 19 Agustus kemarin," jelas dia.

Bantuan lain yang juga disalurkan pemerintah dalam upaya menekan dampak pendemi adalah bantuan produktif usaha mikro (BPUM) alisa subsidi modal kerja untuk usaha mikro.

"Banpres usaha mikro atau BPUM, hingga tanggal 11 Agustsu realisasinya Rp 14,21 triliun terhadap 11,84 juta pelaku usaha mikro dan ini sekitar 92,25% dari total anggaran Rp 15,36 triliun," papr Airlangga lagi.

(dna/dna)