Siapa yang Gajinya Lebih Besar, Ronaldo di MU atau Messi di PSG?

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 28 Agu 2021 14:00 WIB
ZURICH, SWITZERLAND - JANUARY 11: FIFA Ballon dOr nominees Neymar Jr of Brazil and FC Barcelona (L), Lionel Messi of Argentina and FC Barcelona (C) and Cristiano Ronaldo of Portugal and Real Madrid (R) attend a press conference prior to the FIFA Ballon dOr Gala 2015 at the Kongresshaus on January 11, 2016 in Zurich, Switzerland. (Photo by Philipp Schmidli/Getty Images)
Foto: Philipp Schmidli/Getty Images
Jakarta -

Cristiano Ronaldo hengkang dari Juventus dan kembali ke Manchester United. Kabarnya, MU siap menjadikan Ronaldo sebagai pemain bergaji tinggi di Premier League.

Selain Ronaldo, Lionel Messi juga baru-baru ini dikabarkan pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Messi memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dan berpisah dengan Barcelona yang membesarkan namanya selama 17 tahun.

Lalu berapa ya perbedaan gaji kedua bintang sepak bola dunia itu?

Mengutip The Sun, Sabtu (28/8/2021), pemain terbaik dunia lima kali itu akan menerima gaji 480 ribu poundsterling (Rp 9,45 miliar) sepekan, atau 25 juta pound (Rp 492,6 miliar) per tahun. Bayaran Ronaldo jauh lebih tinggi dari Kevin de Bruyne, yang tercatat memiliki gaji tertinggi saat ini di Manchester City.

Cristiano Ronaldo akan dikontrak MU selama dua tahun hingga 2023, yang berarti dia akan menerima gaji total 50 juta pound (Rp 985 miliar). Kantong Ronaldo akan semakin tebal karena jerseynya akan laris manis, apalagi jika dia kembali mengenakan nomor 7.

Senada dengan Ronaldo, Messi juga menandatangani kontrak selama dua tahun di PSG. Ada opsi perpanjangan kontrak jika Messi nyaman dengan klub sepak bola itu.

Messi mendapat kontrak senilai 35 juta euro setelah dipotong pajak atau setara Rp 591 miliar per tahun. Jika dibagi per bulannya, Messi akan mendapat sekitar 2,91 juta euro (Rp 49 miliar), lalu per pekannya sekitar 729 ribu euro (Rp 12,3 miliar).

Sekedar informasi dari Forbes, tahun ini, Ronaldo menduduki peringkat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi ketiga di dunia, di belakang Conor McGregor dan Messi, dengan penghasilan US$ 120 juta-US$ 70 juta di antaranya dari lapangan dan US$ 50 juta dari endorsement. Penghasilan Ronaldo juga didukung oleh kontrak seumur hidup dengan Nike, sponsornya termasuk DAZN, Herbalife, MTG, dan Unilever.

(ara/ara)