Cristiano Ronaldo Kantongi Gaji Ratusan Miliar per Tahun, Berapa Hartanya?

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 28 Agu 2021 16:00 WIB
Football Soccer - Manchester City v Real Madrid - UEFA Champions League Semi Final First Leg - Etihad Stadium, Manchester, England - 26/4/16
Real Madrids Cristiano Ronaldo walks on the pitch before the game
Reuters / Phil Noble
Livepic
EDITORIAL USE ONLY.
Cristiano Ronaldo Kantongi Gaji Ratusan Miliar per Tahun, Berapa Hartanya?
Jakarta -

Cristiano Ronaldo resmi kembali ke Manchester United (MU). Berdasarkan laporan The Sun, pemain terbaik dunia lima kali itu dikabarkan menerima gaji 25 juta pound sterling sekitar Rp 492,6 miliar per tahun atau Rp 41,05 miliar per bulan dari MU.

Sementara berdasarkan laporan media Italia, La Gazzetta dello Sport disebutkan bahwa gaji Cristiano Ronaldo di Juventus selama setahun menyentuh angka 31 juta euro. Jika dirupiahkan, setara Rp 539 miliar. Itu membuat Cristiano Ronaldo sebagai pemain dengan gaji tertinggi di Liga Italia.

Mendapatkan gaji sebanyak itu, berapa harta Ronaldo? Dilansir dari Celebrity Net Worth, Sabtu (28/8/2021) diperkirakan Ronaldo memiliki harta mencapai US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,1 triliun.

Sedangkan dilansir dari Forbes, penghasilan bersih Ronaldo pada tahun 2021 diperkirakan sekitar US$ 120 juta atau setara dengan Rp 1,7 triliun (kurs dolar Rp 14.323). Angka pendapatan bersih yang fantastis itu menempatkan Ronaldo di posisi ketiga dalam daftar atlet sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia, yang dirilis pada 2021.

Dia berada di belakang saingan terdekatnya di sepak bola yaitu Lionel Messi, dan superstar MMA Conor McGregor. Gaji resminya, bonus, dan kemenangan utamanya bertambah hingga US$ 70 juta atau sekitar Rp 1 triliun lebih.

Penghasilannya dari luar olahraga juga cukup besar, jumlahnya hampir US$ 50 juta (Rp 716 miliar). Cristiano Ronaldo merupakan salah satu atlet yang telah menandatangani kontrak seumur hidup dengan Nike, nilainya sangat mengejutkan yaitu hingga US$1 miliar (Rp 14,3 triliun).

Dua atlet lain yang menandatangani kesepakatan serupa adalah Michael Jordan dan LeBron James.

Menjadi pemain top yang konsisten dalam olahraga telah membuka jalan bagi beberapa kesepakatan dukungan merek (endorsment) yang menguntungkan untuk superstar sepak bola. Ronaldo, sekarang terdaftar mendapatkan sponsor dari berbagai merek seperti Tag Heuer, Clear Haircare, Altice, DAZN, Herbalife, MTG, Egyptian Steel, dan banyak lagi.

Selain sumber pendapatan lain, Ronaldo juga memiliki dan menjalankan bisnis merek pakaiannya sendiri, CR7. Dia juga memiliki hotel bermerek di bawah CR7 Line-nya melalui perusahaan Pestano Lifestyle Hotels.

Perjalanan karir Ronaldo penuh dengan capaian gemilang. Dia merupakan pemain FIFA lima kali tahun ini, pada tahun 2020 menjadi atlet olahraga tim aktif pertama yang melampaui pendapatan karier US$ 1 miliar.

(fdl/fdl)