Menhub Budi Karya Pantau Vaksinasi COVID-19 di Purworejo

Rinto Heksantoro - detikFinance
Sabtu, 28 Agu 2021 13:52 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau vaksinasi di Purworejo.
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelaksanaan vaksinasi di Purworejo, Jawa Tengah. Ribuan dosis vaksin diberikan secara serentak di di Kabupaten Purworejo.

Kegiatan ini melibatkan PT Jasa Raharja, PT Pertamina (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), PT KAI (Persero), Dinas Perhubungan Provinsi Jateng, Polda Jateng, dan Kodam IV/Diponegoro. Di sela-sela kegiatan vaksinasi tersebut, Jasa Raharja berkolaborasi dengan Pertamina juga membagikan 500 paket sembako untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Turut hadir mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi antara lain Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang, Kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah Jahja Joel Lami, serta Forkompimda Purworejo.

Sedikitnya ada 13 titik yang menjadi tempat untuk pemberian 3.000 dosis vaksin seperti di Kantor Kecamatan Bagelen, gedung sekolah, beberapa puskesmas hingga Markas Kodim 0708 Purworejo.

"Hari ini kita bersama-sama datang ke Purworejo untuk melaksanakan bakti untuk negeri, untuk vaksinasi. Seperti diketahui, Bandara YIA akan beroperasi secara maksimal dengan telah dilakukan soft opening Kereta Bandara Yogyakarta International Airport dengan waktu tempuh 40 menit menuju kota Yogyakarta. Purworejo adalah daerah tetangga dari YIA, maka diharapkan memperoleh manfaat bagi masyarakat, Purworejo memiliki banyak potensi untuk terus dikembangkan," kata Budi Karya kepada detikcom di Kantor Kecamatan Bagelen, Sabtu (28/8/2021).

Budi Karya menuturkan, keterlibatan Pemerintah pusat, BUMN, serta instansi lain merupakan bentuk tanggung jawab bersama sesuai arahan dan target Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pesan Pak Presiden vaksinasi harus dilaksanakan secara merata, rutin dan intensif sehingga kita bisa mencapai suatu kekebalan massa. Saya tentu mengucapkan terima kasih kepada nakes baik itu dari TNI, Polri maupun PNS," imbuhnya.

Dengan sangat memperhatikan protokol kesehatan, acara berlangsung dengan lancar. Selain kegiatan vaksinasi dan penyerahan paket sembako buah nusantara, juga ada pembagian helm kepada pengendara sepeda motor agar selalu taat dan tertib dalam berlalu lintas selama masa pandemi ini.

(ara/ara)