Bareng Gibran, Budi Karya Pantau Revitalisasi Terminal Tirtonadi

Ari Purnomo - detikFinance
Sabtu, 28 Agu 2021 21:00 WIB
Menhub Tinjau Terminal Tirtonadi
Foto: Ari Purnomo
Solo -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau revitalisasi Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, hari ini. Budi Karya ingin agar revitalisasi terminal Tirtonadi bisa menjadi percontohan bagi kota lain saat melakukan hal yang sama.

"Setelah dari Yogya dan Purworejo, kami memastikan pembangunan Tirtonadi, karena akan dijadikan sebagai contoh bagaimana melakukan revitalisasi fungsi terminal. Harapannya jadi contoh bagi terminal lain," ucap Budi Karya usai meninjau revitalisasi, Sabtu (28/8/2021).

Dalam kunjungannya, Budi Karya turut didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang dan Kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah Jahja Joel Lami.

Budi Karya menambahkan, kondisi pandemi ini membuat angkutan bus menurun. Untuk itu, perlu adanya ide kreatif untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke terminal.

"Kita tahu angkutan bus agak menurun sehingga harus memikirkan secara kreatif fungsi apa yang bisa dikolaborasikan dengan kegiatan transportasi, pool, atau terminal bus," ucapnya.

Apalagi, lanjutnya, Tirtonadi memiliki keunikan tersendiri yakni adanya jembatan penghubung antara stasiun Balapan dengan terminal berupa skybridge.

"Dan (stasiun) Solo Balapan akan terhubung dengan bandara, jadi akan menjadi superhub. Jadi harus dipikirkan dengan baik apa yang sudah dikembangkan yakni sportcenter, foodcenter, Ini menggambarkan bahwa ini adalah tenant mix yang maksimal, jadi pusat kegiatan Solo yang baru," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengayakan, nantinya di lantai dua terminal Tirtonadi akan ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi.

"Hari ini diskusi masalah terminal Tirtonadi untuk lantai dua, ada function hall, foodcourt, sportcenter. Harapannya tempat ini jadi Kegiatan ekonomi, jadi hubnya warga Solo," kata Gibran.

Gibran menambahkan, ketika dibuka pada September diharapkan bisa jadi satu triger (pendukung) untuk melakukan percepatan ekonomi di solo.

"Sekali lagi tempat seperti ini mau tidak mau mendatangkan crowd (keramaian) harapannya pandemi bisa selesai, sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali," ucapnya.

Selain meninjau revitalisasi, Budi Karya dan perwakilan dari Jasa Raharja membagikan bantuan bagi 150 perwakilan komunitas yang ada di terminal Tirtonadi, Solo. Bantuan yang diberikan berisi obat-obatan dan juga sembako.

(fdl/fdl)