12 Peluang Bisnis Online 'Tanpa Modal', Coba Buruan!

Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 30 Agu 2021 11:54 WIB
Belanja Online
Foto: Inet.detik.com
Jakarta -

Membuka bisnis online tanpa modal bukanlah hal yang mustahil. Maksudnya bisnis online tanpa modal bukan berarti kamu 100% nggak perlu menyediakan apa-apa, ya!

Bisnis online tanpa modal ini dapat kamu lakukan selama kamu punya laptop, internet, skill, dan juga pengalaman walau belum terlalu mumpuni.

Ide-ide bisnis online ini tentu dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin punya pendapatan tambahan dari rumah. Terlebih karena kondisi pandemi saat ini membuat banyak orang yang membatasi aktivitasnya dan menetap di rumah.

Selain itu membuka bisnis ini tidak merepotkan pelaku untuk mengeluarkan kocek lebih seperti menyewa ruko, membeli stok barang, membayar karyawan dengan jumlah banyak dan lain sebagainya. Bisnis ini kerap dilirik dan dijadikan salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan lebih, mulai dari ibu rumah tangga, pegawai kantoran hingga mahasiswa rela menekuninya.

Nah bagi yang mau mulai usaha, berikut ini ada beberapa bisnis online tanpa modal yang menguntungkan dirangkum dari Lifepal.id.

1. Menjadi dropshipper
Ada yang sebelumnya pernah dengar istilah yang satu ini? Dropshipper itu beda dengan jadi pedagang atau reseller ya.

Dropshipper adalah orang yang bertindak layaknya agen dengan menjual barang tanpa perlu membeli terlebih dahulu barang yang dijualnya.

Ilustrasinya begini. Misalnya, kamu adalah dropshipper dari produk kecantikan. Suatu ketika pembeli A memesan produk kecantikan lewat kamu. Pesanan si A kemudian kamu teruskan ke penjual C. Begitu penjual C menerima pesanan, ia menyiapkannya dan mengirimnya ke pembeli A cuma pakai nama kamu.

2. Jasa titip alias jastip
Buat yang getol banget main Instagram, pasti beberapa kali pernah lihat akun yang menawarkan jasa titip alias jastip online.

Buat kamu yang belum tahu, jastip ini bisa dibilang mirip-mirip dengan dropshipper. Intinya, jastip adalah terobosan baru dalam berbisnis dengan menawarkan nitip belanja. Kamu bakal diupah karena membelikan barang orang. Dari sana keuntungan didapat.

3. Social media influencer
Social media influencer adalah figur di media sosial yang bisa memengaruhi para pengguna sosial media lainnya lewat postingan-postingan yang mereka buat.

Gimana ciri-ciri social media influencer? Pertama, pasti punya followers yang banyak, minimal tiga ribu. Kedua, setiap posting dapat banyak like, respons, atau share.

Dari mana kerjaan ini menghasilkan uang? Ya banyak dong, yang paling gampang tentu aja dari endorse. Mengutip disampaikan Katadata, jenis social media yang dipakai menentukan harga seorang influencer.

Bayaran buat influencer di YouTube mencapai lebih dari US$12 ribu dengan pengikut 100-500 ribu, Facebook mencapai lebih US$6 ribu, Instagram sebesar US$ 5 ribu, dan Twitter sekitar US$ 2 ribu.

4. Vlogger
Ini juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Buktinya rata-rata yang menjadi vlogger punya penghasilan lebih dari UMR.

Bayaran vlogger sendiri bervariasi. Namun, rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit per bulan.

Mereka memperoleh pendapatan tersebut dengan meng-endorse produk atau jasa ke dalam video yang mereka buat. Belum lagi ditambah iklan-iklan atau adSense yang terpampang di video mereka.

5. Jasa membuat situs
Bisnis online terpercaya lainnya bisa dilakukan tanpa modal dengan mengandalkan jasa yang kamu tawarkan, lho! Yaitu jasa membuat website atau situs. Kebiasaan orang-orang zaman sekarang yang mengandalkan Internet buat dapatkan informasi jadi pendorong individu atau perusahaan buat punya website sendiri.

Nggak sedikit di antara mereka yang bingung atau pengin praktisnya aja buat memiliki website. Makanya mereka butuh yang namanya jasa pembuat website. Kalau kamu emang kebetulan punya skill buat website, nggak ada salahnya nih menjadikan ini sebagai ide bisnis online tanpa modal.

Sebagai gambaran, bikin website secara keseluruhan dihargai mulai Rp500 ribu hingga lebih Rp10 juta, tergantung fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur-fiturnya mulai dari desain, jumlah halaman, statistik website, dan lain-lainnya.

6. Konsultan
Kamu memiliki suatu keahlian yang layak untuk dibagikan ke orang-orang banyak? Buka jasa konsultan online saja. Misalnya kamu seorang arsitek, kamu bisa membuka jasa konsultasi terkait desain eksterior sebuah hunian.

Contoh lainnya, misalnya kamu pakar SEO, kamu bisa membagikan ilmu yang kamu miliki ke perusahaan-perusahaan yang baru merintis dan ingin meningkatkan brand mereka di dunia maya. Modal untuk membuka bisnis konsultan ini nggak mahal kok, cuma butuh laptop dan jaringan internet saja. Terus gimana cara promosinya?

Promosikan keahlian kamu itu di media sosial, dan jangan lupa cantumkan portofolio klien-klien yang sukses kamu berikan arahan. Untuk dunia profesional ini, kamu bisa mencantumkan daftar kesuksesanmu itu di LinkedIn.



Simak Video "Ingat! Franchises Kuliner Bukan Bisnis Autopilot"
[Gambas:Video 20detik]