Mal Mulai Diperlonggar, Pengusaha Pede Pengunjung Naik Jadi 30%

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 15:01 WIB
Mal di Tangerang kembali bergeliat usai kawasan itu kini berstasus PPKM Level 3. Mal pun kembali jadi tujuan warga untuk isi waktu libur di akhir pekan.
Foto: Andhika Prasetia/Detikcom
Jakarta -

Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) percaya diri tingkat kunjungan mal bisa naik jadi 30% karena pelonggaran operasional. Pihaknya menyambut baik keputusan pemerintah meskipun pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang sampai 6 September 2021.

Seperti diketahui, pemerintah telah menaikkan tingkat kapasitas restoran dan kafe untuk makan di tempat (dine-in) dari 25% menjadi 50%. Jam operasional juga dilakukan penyesuaian dari jam 20.00 WIB menjadi hingga 21.00 WIB.

"Pusat Perbelanjaan menyambut baik keputusan pelonggaran tersebut. Mudah-mudahan (pengunjung) bisa mencapai 30%," kata Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja kepada detikcom, Selasa (31/8/2021).

Meningkatnya kunjungan mal itu diharapkan dapat segera memulihkan kondisi usaha sektor ritel yang selama kurang lebih dua bulan tidak bisa berusaha.

"Selama pandemi, restoran dan kafe telah menjadi salah satu destinasi utama di Pusat Perbelanjaan. Tentunya itu akan mendorong peningkatan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan," tuturnya.

Seiring adanya pelonggaran tersebut, Alphonzus menyebut secara bertahap pegawai mal telah dipekerjakan lagi.

"Pekerja yang dirumahkan sudah mulai dipekerjakan kembali secara bertahap seiring menyesuaikan dengan pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah secara bertahap juga," imbuhnya.



Simak Video "Suasana Mal Kota Kasablanka di Hari Pertama Uji Coba Pembukaan"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)