Sakit! Ditipu Investasi Teman Kencan Online, Wanita Ini Rugi Rp 2 M

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 15:34 WIB
Ilustrasi Penipuan
Foto: Ilustrasi by Mindra Purnomo
Jakarta -

Aplikasi kencan online bisa menjadi sarana penipuan berkedok investasi menjaring mangsa. Seperti yang dialami oleh Risky Dhamayanti dia tertipu oleh seseorang yang dia kenal di aplikasi kencan online tersebut.

Walaupun Risky belum pernah bertemu, orang tersebut sangat meyakinkan ketika menawarkan investasi. Sehingga Risky akhirnya melakukan deposit dan menelan kerugian yang jika ditotal jumlahnya hampir Rp 2 miliar.

Dia menyebut saat itu berkenalan dengan Noah Fang, seorang pria berkewarganegaraan Hong Kong dan bekerja di Singapura.

Noah menawarkan Risky sebuah investasi berbasis trading digital currency. Saat awal deposit, Risky masih bisa melakukan penarikan uang tersebut.

Namun setelah tiga kali penarikan, banyak alasan yang dilontarkan Noah ketika Risky ingin menarik uangnya.

"Akhirnya saya tahu total kerugian saya 3 bulan selama November, Desember, Januari itu yang sudah saya setorin Rp 1,9 miliar sampai hampir Rp 2 miliar," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (31/8/2021).

Risky menyebut dirinya juga sudah melaporkan kasus ini ke pihak Kepolisian di Polda Banten.

Selama proses di pihak kepolisian, Risky berupaya untuk mencari informasi lainnya dan menemukan metode pembayaran virtual account yang digunakan melalui sebuah perusahaan.

Dia berusaha mencari informasi atau data-data terkait platform Jianhong Era tersebut di perusahaan itu. Namun tak ada hasilnya.

Perusahaan mengaku sudah memiliki perjanjian untuk tidak membuka data klien.

(kil/dna)