Inga-inga! Lays-Cheetos Tak Ada Lagi Mulai Hari Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 07:32 WIB
Lays, Doritos, dan Cheetos Bakal Pamit Akhir Agustus 2021, Ini Faktanya
Foto: Istimewa
Jakarta -

Beberapa cemilan yang banyak dikonsumsi masyarakat yakni Lays, Cheetos dan Doritos menghilang di pasaran mulai hari ini, Rabu (1/9/2021). Sebab, produksi terakhir cemilan tersebut pada Agustus 2021.

Dalam catatan detikcom Februari 2021 lalu, berhenti diproduksinya cemilan itu dampak dari aksi pembelian saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) terhadap saham PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang awalnya dimiliki Fritolay Netherland Holding BV afiliasi dari PepsiCo Inc pada 17 Februari lalu.

Dengan adanya transaksi tersebut, maka IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo yang harus selesai 6 bulan sejak transaksi.

"Sehubungan dengan dilakukannya transaksi, maka IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo, yang harus sudah diselesaikan dalam waktu 6 bulan dari sejak tanggal dilakukannya transaksi," tulis Corporate Secretary ICBP Gideon A Putro melalui keterbukaan informasi BEI.

Jika dihitung dari tanggal transaksi, maka berakhirnya penjanjian lisensi jatuh pada Agustus 2021. Dengan demikian, makanan ringan produksi PepsiCo seperti Lays, Doritos hingga Cheetos mesti setop produksi.

Untuk diketahui, nilai transaksi dari aksi beli saham tersebut mencapai Rp 494 miliar atau sebanyak 49% dari total seluruh saham yang telah diterbitkan IFL. Kini, kepemilikan saham ICBP dalam IFL menjadi 99,99% dari total seluruh saham yang diterbitkan IFL.

"Fritolay, PepsiCo dan atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama 3 tahun sejak berakhirnya masa transisi," terangnya.

Simak Video: Selamat Tinggal! Cheetos, Lays dan Doritos Tak Lagi Dijual di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)