Tolak Miskin

Podcast: Drama Tagihan Utang BLBI yang Tak Berujung

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 09:15 WIB
Podcast: Drama Tagihan Utang BLBI yang Tak Berujung
Foto: Tim Infografis/Denny Putra
Jakarta -

Drama tagihan utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) tak kunjung berakhir. Baru-baru ini, pemerintah kembali menegaskan akan memburu semua obligor dan debitur yang punya utang Rp 111 triliun dari kasus BLBI yang belum tuntas setelah 20 tahun lebih.

"Saya akan terus meminta kepada tim untuk menghubungi semua obligor ini termasuk kepada para keturunannya karena barangkali sekarang usahanya sudah diteruskan oleh para keturunannya. Jadi kita akan bernegosiasi atau berhubungan dengan mereka untuk mendapatkan kembali hak negara," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Bahkan hingga saat ini satgas BLBI diketahui telah merencanakan penyitaan aset eks BLBI atas 1.672 bidang tanah dengan luas total ±15.288.175 m2. Lokasinya tersebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia.

Yang bikin skandal ini tetap hangat adalah nama Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang menjadi salah satu obligor. Tommy bahkan terancam terkena hukuman pidana jika terus mangkir.

Bagaimana sebenarnya runut 'drama' ini dan seperti apa ujung kasus ini akan berakhir? Dengarkan obrolannya di episode terbaru podcast Tolak Miskin minggu ini: Drama Tagihan Utang BLBI yang Tak Berujung. Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan podcast Tolak Miskin di Spotify atau kanal siniar lainnya.

(eds/eds)