BPS: Agustus Inflasi 0,03%

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 11:13 WIB
Logo Badan Pusat Statistik (BPS) di lobi Gedung 1 lantai 3, BPS Pusat, Jl Dr. Sutomo, Jakarta
BPS: Agustus Inflasi 0,03%
Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat besaran inflasi Agustus sebesar 0,03%. Inflasi disebabkan beberapa komoditas dan barang menunjukkan kenaikan harga.

"Di Agustus ini inflasi kita 0,03%. Jadi inflasi 0,03% ini tidak lain karena beberapa komoditas mengalami peningkatan diantaranya minyak goreng," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi BPS Setianto dalam konferensi pers virtual, Senin (1/9/2021).

Ia mengatakan, adanya tahun ajaran baru juga menyebabkan terjadinya inflasi di bulan Agustus 2021.

"Kemudian di Agustus ini juga merupakan tahun ajaran baru sehingga uang sekolah SD, SMP, maupun uang kuliah juga mengalami peningkatan," katanya.

Jika dilihat secara bulanan maupun tahunan, kata Setianto, perkembangan tingkat inflasi masih terkendali.

"Jadi kalau kita lihat tingkat inflasi di Agustus ini terlihat masih sangat terkendali sebesar 0,03% secara month to month, kemudian kalau dibandingkan dengan inflasi di tahun sebelumnya yang berwarna hijau ini inflasi kita 1,59%. Ini meningkat sedikit dibandingkan Juli lalu sebesar 1,52%" katanya.

Ia menjelaskan, dari 90 kota IHK yang kita monitor pergerakan harganya terdapat 34 kota mengalami inflasi sedangkan sisanya 56 kota deflasi

"Dari 90 kota yang kita amati, Kota Kendari mengalami inflasi tertinggi 0,62%. Yang menyebabkan inflasi tinggi di Kendari antara lain, terkait ikan-ikanan, ikan layang, ikan kembung, selar, ikan, maupun ikan teri," jelasnya.

(fdl/fdl)