Pemerintah Gandeng Swasta, Genjot Ekonomi Kreatif di Daerah

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 15:01 WIB
ilustrasi umkm
Foto: shutterstock
Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Adira Finance berkolaborasi melalui program Festival Kreatif Lokal 2021 sebagai upaya pengembangan pemasaran dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Gelaran Festival Kreatif Lokal 2021 bukti konsistensi dan kepedulian Adira Finance terhadap pelaku UKM di sektor pariwisata. Lebih utama lagi, Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi modal bagi pelaku UKM di lima Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan,"" ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021).

Dia mengharapkan kegiatan ini juga dapat melahirkan pelaku-pelaku UMKM yang cermat memanfaatkan peluang pasar dan cerdas menggunakan media digital seperti marketplace, mengingat di masa pandemi COVID-19 terjadi perubahan tren belanja masyarakat dari offline ke online.

"Festival Kreatif Lokal 2021 sejalan dengan program Kemenparekraf RI dalam menggerakkan kembali roda perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, serta merupakan langkah nyata berkelanjutan yang dilakukan Adira Finance, sebagai contoh kolaborasi yang baik di mana pihak swasta turut membantu kemajuan UKM di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menyampaikan bahwa Festival Kreatif Lokal 2021 meliputi serangkaian kegiatan. Yaitu kreatif lokal award sebagai apresiasi Adira Finance kepada pelaku wirausaha atas prestasi dan usaha memberdayakan masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, kami mendukung upaya pemerintah, khususnya Kemenparekraf RI, dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi. Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam Menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan," katanya.

"Sesuai dengan janji brand 'Sahabat Setia Selamanya', Adira Finance hadir bagi UKM yang ingin tumbuh. Kami berharap Festival Kreatif Lokal 2021 dapat menjadi momentum mengubah pola pikir UKM dari fix mindset to growth mindset dan membuka peluang produk berkualitas UKM Indonesia berkembang ke internasional," sambungnya.

Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama, mengatakan Festival Kreatif Lokal 2021 juga diharapkan membuka peluang yang lebih besar bagi para UKM, khususnya di industri pariwisata Indonesia, agar semakin diakui secara nasional dan mengglobal.

Selanjutnya, kegiatan malam gebyar Adira pada November 2021 mendatang di Candi Borobudur, Jawa Tengah, yang bertepatan dengan ulang tahun Adira Finance ke -31.

(fdl/fdl)