Wamendag Minta Resto-Kafe Kasih Diskon buat yang Sudah Divaksinasi

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 18:05 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di Restoran
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga/Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Seiring dengan pelonggaran dalam level PPKM, restoran hingga kafe diperbolehkan melayani dine in atau makan di tempat maksimal 50% kapasitas. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meminta para pengusaha memberikan diskon untuk masyarakat yang makan di tempat dengan syarat sudah divaksinasi.

"Saya sudah ngobrol-ngobrol singkat kepada para pengusaha, untuk mereka yang sudah vaksin agar dikasih diskon. Sekarang ini masyarakat masih banyak yang takut vaksin, hal itu jadi memotivasi untuk ikut vaksin," jelas Jerry saat ditemui di Resto GIOI Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/9/2021).

Dia mengungkap diskon itu diharapkan bisa meningkatkan antusiasme masyarakat agar mau divaksinasi COVID-19.

"Skema-skema itu seperti dapat diskon, untuk mendorong antusiasme masyarakat untuk divaksin. Tetapi nanti dikembalikan ke teman-teman pengusaha juga," ujarnya.

Dia mengingatkan meski sudah boleh makan di tempat dengan kapasitas 50%, protokol kesehatan juga harus tetap dijalankan. Jadi nanti meski pengunjung sudah divaksinasi, untuk ketentuan duduk juga masih berjarak.

"Kita hanya ikut peraturan terbaru 50%. Contoh misal datang berempat dan sudah vaksin. Tetapi dalam satu meja tetap hanya dua orang dan tetap berjarak, dua orang di masing-masing meja juga tetap berjarak. Jadi mereka yang berempat tetapi nggak satu meja itu, beda meja," jelasnya.

Untuk aturan waktu, Jerry menerangkan tetap ada dan itu cukup efektif diberlakukan dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Waktu saya coba itu makan 20 menit-30 menit saya berhasil makan 7 menit, makan kedua 3 menit pembatasan makan itu salah satu cara me-minimize. Esensinya adalah tetap menjaga protokol kesehatan sebaik mungkin regulasi terbaru 50%," tutupnya.

(ara/ara)