Hati-hati! Marak Penipuan Lewat SMS 'Jual' Nama Artis

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 19:15 WIB
Ilustrasi Penipuan Online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pesan singkat SMS masih menjadi sarana penawaran hadiah berkedok penipuan. Hadiah yang diiming-imingi juga sangat besar mulai dari rumah sampai hadiah umrah.

Selain itu ada juga penipuan yang SMSnya berisi bagi-bagi hadiah dari artis Baim Wong.

Menanggapi hal tersebut Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan jika SMS tersebut merupakan kegiatan ilegal dan sudah jelas penipuan.

"Kami sampaikan bahwa ini kegiatan ilegal, masyarakat jangan sampai ikut itu bisa langsung dihapus dan diblokir saja," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (1/9/2021).

Dia menjelaskan penipuan melalui SMS ini sulit terdeteksi karena merupakan pesan langsung. Oleh karena itu satgas meminta jika masyarakat mendapatkan SMS bis adiabaikan dan jangan pernah mengikuti apa saja yang ditawarkan dan diiming-imingi.

"Jangan sampai juga mengklik link tersebut, berbahaya karena penipuan dan jangan mengakses linknya," tambah dia.

Sebelumnya beredar pesan singkat atau SMS yang berisi bagi-bagi hadiah atau giveaway. Hadiah yang dituliskan berasal dari artis ternama Baim Wong dan nilainya hingga ratusan juta.

Dalam pesan singkat yang didapat detikcom, nilai uang hadiah yang ditulis tidak tanggung-tanggung, mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 175 juta.

"Halo Kak! Aku Winda Dri Team Giveaway BAIM Wong Anda Memenangkan Hadiah Uang 100jt dari kami info Klik:https://wa.me/+6287711234xxx," tulis pesan berantai tersebut, dikutip Rabu (1/8/2021).

(kil/dna)