Kendaraan Sultan! Ini Dia Jet Pribadi Qatar Airways Rp 1 Triliun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 13:49 WIB
Pesawat Sultan
Kendaraan Sultan! Ini Dia Jet Pribadi Qatar Airways Rp 1,06 Triliun
Jakarta -

Qatar Airways mulai memamerkan pesawat barunya, Gulfstream G700 dalam sebuah acara di Doha. Pesawat baru ini merupakan sebuah jet pribadi mewah.

Pesawat tersebut diluncurkan di bawah bendera Qatar Executive, yang merupakan anak usaha Qatar Airways di bidang penerbangan mewah.

Dilansir dari Traveller.com, Kamis (2/9/2021), Gulfstream G700 adalah jet jarak jauh yang memiliki kecepatan mencapai 1111 km/jam. Qatar Executive menjadi pelanggan pertama untuk jet tersebut, nantinya mereka akan menerima pengiriman pertama 10 pesawat pada tahun 2022.

Pesawat buatan AS ini memiliki mesin Rolls-Royce Pearl 700 baru dan dapat terbang Sejauh 13.890 km non-stop. Gulfstream G700 ini akan terbang dari Doha ke New York dalam waktu sekitar 12 jam.

Pesawat SultanPesawat Sultan Foto: Dok.Traveller

Versi pertama dari jet senilai US$ 75 juta atau sekitar Rp 1,06 triliun (kurs Rp 14.200) ini memiliki interior mewah yang dirancang sesuai dengan spesifikasi Qatar Airways.

Maskapai mengklaim pesawat ini memiliki kabin paling luas di antara kompetitornya. Pesawat dilengkapi dengan ruang tunggu atau kompartemen kru, dan lima ruang tamu. Pesawat juga dilengkapi dengan satu ruangan mewah grand suite yang luas dan memiliki kamar kecil.

Gulfstream G700 juga memiliki sistem pencahayaan unik yang dirancang meniru ritme sirkadian. Diyakini mode tersebut dapat membantu pelancong tidur dalam penerbangan jarak jauh.

Jet pribadi sendiri telah menjadi moda transportasi populer selama pandemi bagi orang kaya dan terkenal. Menurut artikel Vanity Fair awal bulan ini, penyedia jet perusahaan mewah VistaJet, memprediksi akan ada peningkatan 184% dalam penerbangan pribadi antara AS dan Eropa selama 12 bulan terakhir.

Lihat juga video 'Intip Fasilitas Jet Pribadi yang Punya Tarif Terbang Bombastis':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/fdl)