Bappenas Buka-bukaan Soal Ramalan Jakarta Bakal Tenggelam

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 18:15 WIB
Saat ini para pakar Lingkungan Hidup Dunia memprediksi pulau Jawa dan Sumatera sedang diterpa isu akan tenggelam secara perlahan pada tahun 2030. Penyebabnya adalah karena pemanasan global, naiknya permukaan air laut dan penggunaan air tanah yang berlebihan.
Foto: Afriadi Hikmal/NurPhoto via Getty Images

Perubahan iklim memang harus menjadi perhatian pemerintah dan banyak negar di dunia. Perubahan iklim ini memicu banyak benana alam seperti banjir sampai kebakaran.

Menurut dia, ancaman ini akan dihadapi oleh banyak negara di dunia tak cuma di Indonesia saja.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memprediksi Jakarta akan tenggelam.

Dia bicara hal itu saat mengunjungi Kantor Direktur Intelijen Nasional. Awalnya Biden bicara ancaman terbesar AS, yaitu perubahan iklim. Indonesia pun disebut terkait ancaman tenggelam dan rencana Indonesia memindahkan ibu kota negara.

"Tapi apa yang terjadi - apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" kata dia.

Tapi sebenarnya Biden bukan tokoh negara pertama yang bicara hal itu. Di Indonesia sudah beberapa kali tokoh-tokoh penting berbicara mengenai potensi Jakarta tenggelam jauh sebelum Biden. Mulai dari Presiden Joko Widodo hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.


(kil/dna)