Urusan Gede-gedean Gaji Pekerja Asing, Ini Dia Negara Juaranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 04 Sep 2021 11:30 WIB
Kota termahal 2018
Ilustrasi/Foto: (CNN Travel)
Jakarta -

Jepang menjadi salah satu negara memberikan gaji tinggi untuk para ekspatriat yang bekerja di sana. Dikutip dari CNBC, Sabtu (3/10/2021), sebelumnya Inggris merupakan negara yang membayar ekspatriat dengan gaji tinggi.

Di Jepang, paket ekspatriat akan mewajibkan perusahaan untuk membayar US$ 405.685. Angka ini lebih besar dibandingkan negara-negara lainnya.

Dilansir dari survei MyExpatriate Market Pay, disebutkan biasanya hal ini karena memperhitungkan pembayaran gaji, tunjangan, dan pajak.

Selain Inggris dan Jepang, negara yang menempati gaji ekspatriat tertinggi adalah India, China, dan Hong Kong. Kemudian Prancis, Amerika Serikat (AS), Swiss, Argentina, dan Taiwan.

Direktur Regional ECA International, Lee Quane mengungkapkan bahwa kenaikan biaya di Jepang ini disebabkan oleh fluktuasi mata uang.

"Biaya untuk tempat tinggal juga tercatat mengalami peningkatan tahun 2020. Hal ini berkontribusi pada biaya tersebut," kata dia, Sabtu (4/9/2021).

Selain pembayaran gaji, banyak perusahaan yang memberikan kompensasi kepada pekerja ekspatriat dengan tunjangan akomodasi, biaya sekolah dan transportasi.

Tahun ini akibat pandemi memang terjadi penurunan permintaan yang menyebabkan biaya-biaya juga mulai mengalami penurunan.

(kil/eds)