Membawa Ekonomi Masyarakat Naik Kelas Lewat Budi Daya Kepiting

ADVERTISEMENT

Membawa Ekonomi Masyarakat Naik Kelas Lewat Budi Daya Kepiting

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 04 Sep 2021 21:00 WIB
Tambak kepiting Rekatha Mustika Patra terletak di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap. Dalam sehari tambak binaan Pertamina ini memanen 3 kilogram kepiting soka. Ketua Kelompok usaha tambak Rekatha Mustika Patra, Rato mengecek tambak kepiting soka yang memiliki luas 1 hektar dengan kapasitas kepiting 500 kilogram, kelurahan Kutawaru, Cilacap, Minggu (13/9). Tambak binaan Pertamina ini mampu panen harian 3 kilogram kepiting soka. Hasan Al Habshy/detikcom.
Ilustrasi/Foto: Hasan Alhabshy

Potensi pengembangan HGB 65 pun dilirik PKT dengan menjadikan kawasan itu sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Kota Bontang berbasis konservasi, sekaligus mengoptimalkan manfaat melalui diversifikasi produk dan usaha turunan dengan sumber daya mangrove sebagai bahan baku.

Pengembangan kawasan juga dilakukan di Telok Bangko, utamanya infrastruktur pendukung ekowisata seperti gapura untuk penanda masuk, track jalan di sepanjang area mangrove, hingga fasilitas gazebo dan toilet bagi pengunjung. Untuk menambah daya tarik wisata,

PKT juga membangun area photo booth untuk memaksimalkan potensi wisata dan menarik minat masyarakat.

Konsep ini diharap mampu menyediakan kegiatan wisata yang memberi manfaat secara pengetahuan bagi pengunjung, disamping meningkatkan kualitas lingkungan serta mendorong kesejahteraan dan kemandirian masyarakat sekitar.

"Konsep inilah yang kita kembangkan agar area konservasi tak hanya menjual keindahan, tapi juga menjadi sarana pengetahuan dan peluang ekonomi bagi masyarakat," terang Rahmad.

Target penanaman setiap tahun juga terus dimaksimalkan, melihat produktivitas anggota kelompok Telok Bangko yang terbilang tinggi. Bahkan pada 2020, kelompok ini berhasil menanam 43.000 bibit di kawasan HGB 65, dengan total mangrove saat ini mencapai 161.167 bibit.

Sesuai prinsip tripple bottom line, yaitu People, Profit dan Planet, perluasan konservasi mangrove akan terus dikembangkan PKT, sebagai bagian dari kontribusi dan komitmen Perusahaan menjalankan bisnis yang selaras dengan lingkungan, serta mempertahankan keseimbangan alam secara berkesinambungan.

"Mengingat kesejahteraan masyarakat juga fokus dari pengembangan Server Mang Budi, pendampingan akan terus difokuskan PKT untuk memperkuat kapasitas kelompok binaan," jelasnya.

Pupuk Kalimantan Timur kembali meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2021 kategori Social Empowerment yang merupakan penghargaan di bidang CSR untuk skala internasional, melalui program Konservasi dan Diversifikasi Mangrove serta Budidaya Kepiting (Server Mang Budi).


(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT