Nggak Habis Pikir! Cuma Sehari Harta Orang Terkaya India Naik Rp 52 Triliun

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 11:37 WIB
Mukesh Ambani, India
Foto: Reuters
Jakarta -

Pundi-pundi orang terkaya India, Mukesh Ambani bertambah US$ 3,7 miliar setara Rp 52,6 triliun (kurs Rp 14.227). Kenaikan itu terjadi karena saham perusahaannya, Reliance Industries meningkat usai Ambani beberkan rencananya memerangi perubahan iklim.

Saham Reliance melonjak 4,1% di Mumbai, India Jumat lalu. Dalam sehari itu harta sang taipan India itu naik dan kini tercatat sebanyak US$ 92,6 miliar atau 1.317 triliun, berdasarkan Bloomberg Billionaires Index.

Nilai itu mendekati harta dari miliarder asal Prancis, L'Oreal's Francoise Bettencourt Meyers dengan harta US$ 92,9 miliar. Dengan harta Ambani kini sebanyak US$ 92,6 miliar, nilai itu mendekati kelompok orang dengan kekayaan US$ 100 miliar.

Jadi, apa sih rencana Ambani di sektor energi sampai membuat kekayaannya bertambah? Dikutip dari NDTV, Senin (6/9/2021) dia mengatakan perusahaan akan secara agresif mengejar produksi hidrogen hijau yang lebih murah. Selain itu, dia juga berkomitmen untuk menginvestasikan US$ 10 miliar dalam energi bersih.

Tujuannya sejalan dengan ambisi Perdana Menteri India, Narendra Modi untuk memerangi perubahan iklim dan memangkas impor minyak.

Ambani sendiri menjadi pemain dominan di pasar India. Reliance Industries sendiri merupakan perusahaannya di sektor energi. Kemudian, bisnis lainnya yakni di sektor digital yang telah berkembang setelah mendapatkan dukungan dari beberapa investor salah satunya dari Facebook.

Simak juga Video: Sekolah di India Mulai Dibuka Lagi di Tengah Lonjakan Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)