Bukan Pesugihan Congkel Mata! Begini Caranya Kalau Mau Kaya

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 20:45 WIB
Stacks of dirty pots, pans and trays in pot washing area of a commercial kitchen
Ilustrasi Pesugihan yang korbankan anak (Foto: Istock)
Jakarta -

Tragedi memilukan baru-baru ini terjadi, di mana seorang bocah berusia 6 tahun mengalami penganiayaan yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Mirisnya, mereka tega mencongkel mata korban lantaran diduga mempelajari ilmu hitam pesugihan untuk dijadikan sebagai korban tumbal.

Duh, jangan ditiru ya detikers. Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, ada banyak cara bisa dilakukan jika ingin kaya mulai dari membuat perencanaan keuangan yang baik hingga berinvestasi baik berupa saham, reksadana, properti atau emas sekalipun. Tentu membutuhkan proses bukan dengan cara yang instan.

Berikut ini merupakan beberapa langkah dasar untuk menciptakan sukses keuangan yang bisa Anda lakukan.

1. Buat perencanaan yang baik

Hal ini bisa dengan cara menuliskan tujuan untuk jangka panjang terlebih dahulu, paling tidak 5-10 tahun mendatang. Bisa juga ditulis mulai dari 20-40 tahun mendatang. Setelah memiliki tujuan jangka panjang, kemudian pecahkan jadi beberapa bagian.

Setelah itu, buat rencana jangka pendek dari pecahan rencana tersebut, apa saja yang ingin dilakukan terlebih dahulu. Proses yang dilakukan secara bertahap merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mencapai kesuksesan secara keuangan.

2. Menunda kesenangan

Perhatikan pengeluaran dan pemasukan. Terkadang sebagian orang tidak sadar bahwa pengeluaran lebih banyak dari pendapatan karena perilaku konsumtif. Mulai dari sekarang, sebaiknya Anda mulai memperbanyak pendapatan dan menahan pengeluaran Anda.

3. Melakukan investasi

Kondisi ekonomi saat ini harus mulai terbuka mengenai investasi. Bisa mulai dengan menyisihkan uang untuk investasi, jangan ragu untuk berinvestasi.

Anda bisa memilih beberapa produk investasi yang aman terlebih dahulu dan sesuai dengan kemampuan Anda, baru pikirkan keuntungannya. Bisa berupa saham, obligasi, emas, tanah, deposito, atau bisnis.

Jika memiliki kondisi keuangan yang terbatas, apa investasi yang paling bagus untuk saat ini? Jawabannya adalah investasi leher ke atas atau meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Jika Anda selalu melakukan hal ini, maka Anda akan selalu menjadi pribadi yang berkembang dari waktu ke waktu.

Anda juga bisa berinvestasi hubungan dengan keluarga atau rekan Anda. Semakin banyak Anda peduli dengan orang lain, maka akan semakin banyak pula orang yang menyayangi dan peduli pada Anda. Ciptakan koneksi yang baik dengan orang lain sebanyak-banyaknya.

4. Rajin memberi pada orang lain

Memberi merupakan salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjamin kesuksesan keuangan. Bukan sekadar uang, Anda bisa memberi waktu, sumber daya, atau diri Anda kepada orang lain. Hukum timbal balik akan berlaku penuh di dalam kehidupan Anda. Saat memberi, maka Anda akan menerima lebih dari itu.

5. Mengembangkan Diri

Waktu berubah, keadaan berubah, cari uang juga caranya berubah, artinya harus terus belajar. Cara belajar tercepat adalah mencari mentor yang ahli di bidangnya. Karena pengalaman seorang mentor bisa mengajarkan Anda dengan lebih cepat.

Berikut adalah lima cara untuk menjadi kaya. Kuncinya adalah harus disiplin dalam pengelolaan keuangan. Semoga bermanfaat.

(dna/dna)