Luhut Cerita Pernah Jadi Menteri Keuangan Sementara di Era Gusdur, Kok Bisa?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 08 Sep 2021 11:57 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Cerita Pernah Jadi Menteri Keuangan Sementara di Era Gusdur, Kok Bisa?
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku punya cerita unik di Aceh. Kisah itu terjadi saat dirinya menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) di tahun 2000-2001 silam.

Dia bercerita saat masih menjadi Menperindag dirinya pernah mengusulkan Sabang menjadi kawasan pelabuhan bebas. Hal ini dilakukan agar ekspor impor bisa dilakukan lebih mudah di Aceh.

"Aceh ini ada kesan tersendiri buat saya, waktu saya Menperindag di 2001, saya ingat bagaimana, saya Menperindag kala itu usulkan Sabang itu jadi pelabuhan bebas," kisah Luhut dalam sambutan di acara Gernas BBI Aceh, Rabu (8/9/2021).

Bahkan, Luhut sampai berkirim surat ke Kementerian Keuangan untuk usulan ini. Namun, 3 minggu berjalan surat itu tak kunjung mendapatkan balasan.

Hingga akhirnya, tiba-tiba dirinya mendapatkan perintah untuk menjadi Menteri Keuangan Ad Interim alias jabatan sementara Menteri Keuangan. Dalam kisahnya ini, Luhut tidak menjelaskan menteri siapa yang dia gantikan sementara kala itu, yang jelas dia menyebutkan saat itu Menteri Keuangan sedang pergi ke Hawaii.

"Tahu-tahu saya jadi ad interim Menteri Keuangan. Jadi saya pernah juga nih biar cuma tentara, lulusan akademi militer, pernah juga ad interim Menteri Keuangan. Menteri Keuangannya sedang pergi ke Hawai kalau saya tidak keliru," ungkap Luhut.

Lihat juga video 'Saat Sri Mulyani Pamer Ekonomi RI Lebih Baik Dibanding Negara G20':

[Gambas:Video 20detik]



Kenapa Luhut yang ditunjuk jadi Menteri Keuangan sementara? Klik halaman berikutnya.