ADVERTISEMENT

Babak Baru Drama Rebutan Warisan Anak Eka Tjipta

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 07:13 WIB
Freddy Widjaja
Foto: Anisa Indraini

Temuan Aset Tjiwi Kimia Rp 44 T

Freddy sendiri telah menemukan data harta peninggalan ayahnya. Salah satunya, Eka Tjipta tercatat memiliki aset saham di PT Tjiwi Kimia, raksasa pabrik kertas. Dari berkas yang diterima detikcom, dalam surat Perseroan PT Tjiwi Kimia per tanggal 2 Oktober 1972 tercatat Eka Tjipta memiliki 99% saham perusahaan.

"Jika dihitung dengan total aset berdasarkan laporan tahunan tahun 2020 adalah sebesar Rp 44 triliun, dengan demikian jelas terlihat adanya fakta tentang sisa aset yang tidak tercatat dalam Akta Wasiat no. 60 tanggal 25 April 2008," tulis Replik yang diserahkan oleh kuasa hukum Freddy kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Tidak hanya total saham itu, Freddy yakin Eka Tjipta punya saham di sejumlah perusahaan lain di Sinar Mas Group, bahkan ada yang 100%. Ia mendesak saudaranya membuka semua data aset yang dimiliki mendiang ayahnya itu.

"Itu baru satu, dominasi semua perusahaan Sinar Mas ada, bahkan ada yang 100% kepemilikan. Kalau dari data ini saja menyangkal, kami akan buka semuanya. Tapi nanti," ungkapnya.

Temuan kepemilikan saham ini buntut dari pernyataan Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto yang mengungkap dalam sebuah video bahwa Eka Tjipta tidak memiliki sepeserpun saham di Sinar Mas Group.

"Eka Tjipta Widjaja sendiri tidak memiliki satu lembar pun saham dalam perusahaan-perusahaan yang telah disebutkan oleh saudara Freddy dalam gugatannya. Dengan ini kami menegaskan ini merupakan persoalan keluarga Bapak Eka Tjipta bukan persoalan hukum," kata Gandi, dalam video yang diterima detikcom.

Pengacara Freddy, Fahmi H Bachdim menegaskan pihaknya tidak menutup kemungkinan akan membawa sengketa warisan ini ke kepolisian. Jika tidak dirinci berapa banyak peninggalan dari Eka Tjipta sebenarnya.

"Semua harta itu masih harta bundel, kami akan mempersoalkan siapapun yang memiliki saham PT Tjiwi Kimia. Sekarang Tjiwi Kimia seperti apa. Kami akan cari tahu. Kami juga tidak menutup kemungkinan bahwa kami akan melaporkan kepada pihak kepolisian," tambahnya.

Dengan ditemukannya salah satu peninggalan dari Eka Tjipta, Freddy berharap kakak-kakak tirinya bisa bermediasi dengannya. Tentu diharapkan juga bisa membuka berapa aset atau peninggalan yang dimiliki oleh Eka Tjipta.

"Kami tunggu sampai minggu depan, saya harap saya dapat hak saya. Saya juga berharap bisa mediasi dan saya terbuka jika memilih jalur damai," tutupnya.


(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT