Tips Cuan Bisnis Fried Chicken Gerobakan Modal Rp 5 Jutaan

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 08:45 WIB
Jakarta -

Bisnis ayam goreng tepung atau fried chicken gerobakan bisa jadi salah satu pilihan untuk tetap cuan di masa pandemi COVID-19. Modal untuk memulai usaha ini pun cukup terjangkau dari mulai Rp 5 jutaan.

Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure, Yuswohady mengatakan dengan modal segitu, skala bisnis fried chicken bisa dimulai dari sangat kecil terlebih dahulu. Untuk tahap awal, kamu cukup menjangkau segmen terdekat.

"Kalau fried chicken ini menurut saya nggak terlalu besar sih jadi Rp 5 juta mungkin oke. Tapi tentu saja bisnis itu kan starting dari kecil nanti sebulan nambah omzetnya 2 kali, 3 kali gitu. Saya kira jalan juga Rp 5 juta," katanya dalam program d'Mentor detikcom, Rabu (8/9/2021).

Setelah itu, buatlah pelanggan terdekat tersebut untuk loyal terhadap produk fried chicken yang kamu buat. Jika itu dapat dipertahankan maka pendapatan akan semakin meningkat.

"Katakanlah pertama 10 (orang) dulu, terus naik jadi 30 (orang), terus 50 (orang) karena sifat dari (jualan) ayam itu adalah berulang, sehari bisa 3 kali itu oke atau minimal sehari sekali sehingga mestinya permintaan itu akan berulang. Dari situ permintaan berulang, cash flow mulai jalan, nabung terus, kemudian mulai membesar, baru masuk dari satu gerobak ke gerobak kedua dan seterusnya," bebernya.

Meskipun gerobakan, harus tetap manfaatkan digital untuk produk fried chicken kamu. Misalnya melakukan promosi hingga buka pemesanan melalui WhatsApp (WA) grup, Instagram, hingga Facebook.

"Nanti pemenangnya bukan yang sepenuhnya digital atau fisik, tapi yang bisa mengkombinasikan antara fisik dan digital. Artinya teman-teman yang di gerobakan mengandalkan fisik, tapi juga harus memulai mengembangkan channel digital," ujarnya.

Begitu juga dengan sistem pembayarannya. "Payment-nya mungkin tidak harus hanya pakai tunai, jadi kombinasi keduanya," tandasnya.

(aid/eds)