Nggak Heran Banyak Orang Mau Jadi YouTuber, Potensi Cuannya Gila!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 12:24 WIB
Kiev, Ukraine - June 5, 2014: Brand new Apple iPhone 5S with YouTube application service on the screen lying on a desk with headphones. YouTube is the worlds most popular online video-sharing website that founded in February 14, 2005
Ilustrasi/Foto: iStock

4. Rak Merchandise

Rak merchandise memungkinkan kalian menjual pernak-pernik resmi yang terkait dengan brand dan kanal kalian. Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang dari YouTube kalian harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Untuk mengaktifkan fitur ini, login ke YouTube Studio. Di menu sebelah kiri klik Monetization dan klik tab Merchandise. Kalian hanya akan melihat opsi ini jika channel kalian eligible. Ikuti petunjuk yang ada di layar.

5. Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers adalah cara kalian untuk berinteraksi dengan subscriber dan penggemar lewat live chat. Agar kalian bisa mendapatkan uang, penggemar kalian bisa membayar agar pesan yang mereka kirim bisa disorot di live chat.

Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang, login ke YouTube Studio dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Di menu sisi atas yang ada di dashboard utama, klik Live Chat lalu Get Started. Ikuti petunjuk yang ada di layar.

6. YouTube Premium

Cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya adalah dengan mendapatkan YouTube Premium Revenue. YouTube memang memiliki opsi berlangganan yang disebut Premium.

Jika seorang pengguna YouTube Premium menonton video yang kalian unggah, nantinya kalian akan mendapatkan porsi dari biaya berlangganan yang dibayarkan pengguna tersebut.

Kalian tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengaktifkan fitur ini. Tapi selalu pastikan konten kalian mengikuti panduan komunitas YouTube agar bisa mendapatkan uang dari YouTube Premium.


(eds/eds)