Erick Thohir Bicara Sinergi BUMN-BUMD Digenjot, Apa Hasilnya?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 11 Sep 2021 19:21 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Kamis (18/03/2021). Rapat tersebut membahas pembentukan Holding BUMN Ultra Mikro.
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bicara pentingnya sinergi perusahaan pelat merah dengan BUMD. Erick mengatakan sinergi BUMN dan BUMD perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

"Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, perlu. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat," kata Erick dalam ajang penghargaan melalui pernyataan, Sabtu (11/9/2021).

Erick mengatakan, saat ini, beberapa kerja sama antara BUMN dan BUMD sudah berjalan, misalnya PT Tjipinang Food Station yang merupakan BUMD milik Pemerintah DKI Jakarta dengan PT Sang Hyang Sri (Persero), BUMN yang bergerak di bidang pertanian.

Pada sektor transportasi, BUMN dan BUMD di DKI Jakarta membangun joint venture dan sistem transportasi terintegrasi di Jabodetabek. Sinergi juga dilakukan dalam pengelolaan kawasan Kota Tua Sunda Kelapa, Jakarta.

"Kami sangat terbuka untuk membuka kerja sama-kerja sama lainnya dengan BUMD dan Pemda yang hari ini hadir," kata Erick.

Erick juga mengatakan bahwa setelah terdampak COVID-19 kini ekonomi Indonesia dalam tahap pemulihan, ada 10 provinsi yang sudah mencatat pertumbuhan positif.

"Usaha dan inisiatif dari pusat, tak cukup. Perlu keterlibatan pemda yang tentu lebih paham karakteristik daerahnya. Dan dalam hal itu, peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah," kata Erick.

(ara/ara)