Begini Nih Kebiasaan Kerja Elon Musk & Para Pebisnis Dunia

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 13 Sep 2021 14:01 WIB
Elon Musk
Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI
Jakarta -

Siapa yang tak kenal Elon Musk? Pebisnis andal ini sukses menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Saking kayanya, setiap bulan Elon Musk menerima setoran gaji sebesar Rp 8 triliun.

Tentu untuk menjadi sukses, Elon Musk memiliki kebiasaan kerja yang sukses mengantarkannya ke posisi saat ini. Tak hanya Elon Musk, orang-orang sukses di dunia juga punya kebiasaan kerja yang bisa Anda tiru. Dilansir dari Forbes, berikut ini adalah kebiasaan kerja para pebisnis sukses yang ada di dunia.

Multitasking Strategis

Ini adalah salah satu rahasia Elon Musk hingga bisa sesukses sekarang yaitu menggabungkan beberapa tugas atau yang dikenal sebagai batching. Berbeda dari multitasking pada umumnya yang kurang efisien, batching mendedikasikan tugas-tugas serupa untuk mengurangi gangguan dalam pekerjaan.

Contohnya adalah memproses semua email, panggilan telepon, dan komunikasi lainnya sembari mengerjakan beberapa lembar pekerjaan. Agar lebih mudah, tuliskan semua aktivitas umum Anda selama satu minggu dan identifikasi aktivitas yang dapat dilakukan secara bersamaan.

"Tetapi yang saya temukan adalah saya dapat bersama [anak-anak saya] dan masih menggunakan email. Saya bisa bersama mereka dan masih bekerja pada saat yang sama. Jika tidak, saya tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan saya," tutur Elon Musk dikutip dari Forbes, Senin (13/9/2021).

Hindari Meeting

Anda suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk meeting? Sebaiknya mulai sekarang hindari hal tersebut. Menurut seorang investor miliarder terkenal Mark Cuban rapat adalah sebuah aktivitas yang buang-buang waktu, kecuali Anda sangat dekat dengan sebuah kesepakatan.

"Ada begitu banyak cara untuk berkomunikasi secara real time atau asynchronous sehingga setiap pertemuan yang Anda benar-benar duduki harus memiliki durasi dan hasil yang ditetapkan sebelum Anda setuju untuk pergi," imbuh Mark Cuban.

Jadi, jika ada orang-orang ingin memberikan Anda laporan terkait kemajuan proyek, mintalah mereka email ringkasan harian sebagai gantinya. Tetapi jika rapat harus dilakukan, mintalah salinan agenda, dan selesaikan apapun yang ada di agenda tersebut sebelum rapat dimulai, sehingga Anda tak perlu hadir dalam rapat dan bisa mengerjakan proyek lainnya.

Kembangkan Rutinitas

Untuk menjadi sukses Anda juga harus pintar mengatur kebiasaan atau rutinitas yang sesempurna mungkin. Ini juga yang dilakukan oleh Pemimpin Redaksi Vogue Anna Wintour dalam mengatur jadwalnya yang sibuk.

Anna membeberkan dirinya memiliki struktur rutinitas yang cukup konsisten. Rutinitas harian Anna Wintour dimulai lebih awal, biasanya antara jam 4 pagi dan 5:30 pagi, saat dia mulai membaca berita Inggris dan Amerika.

Setelah itu, dia biasanya bermain tenis dan pergi ke coffee shop untuk minum kopi dan sarapan. Wintour juga dikenal mengenakan pakaian serupa setiap hari untuk mengurangi keletihan. Pada sore hari, ia menyediakan waktu untuk pertemuan di luar, makan siang dengan desainer, merencanakan sebuah acara, dan kegiatan lainnya. Kemudian pada jam 5 sore, dia akan pulang dengan pekerjaan yang harus dilakukan malam itu.

"Sangat penting bagi saya untuk menyelesaikan semuanya di malam hari sehingga saya dapat terus bekerja dan tidak ada yang menunggu tanggapan saya," kata Wintour.

Biasakan Menulis

Jika ditanya barang apa yang paling penting untuk seorang Founder Virgin Group Sir Richard Branson maka jawabannya adalah buku catatan kecil yang ada di saku belakang. Bahkan menurutnya, ia tidak bisa membangun Virgin Group tanpa beberapa catatan yang ia tulis.

Memang menulis memberikan Anda beberapa manfaat, menuliskan tujuan Anda secara tertulis membuat Anda lebih mungkin untuk mencapainya. Ini juga meningkatkan kejelasan dan fokus ide-ide Anda dan membuat pikiran Anda lebih tenang, sehingga Anda dapat memecahkan masalah dengan lebih efektif.

Menjadwalkan Kreativitas

Memang agak berlawanan dengan intuisi, tapi kreativitas tidak terjadi secara kebetulan. Anda harus bekerja dengan tekun dan metodis untuk mewujudkannya. Ambil contoh penyair dan aktivis hak-hak sipil Maya Angelou. Dia biasa pergi ke kamar hotel untuk menulis, tiba pukul 06.30, menulis sampai pukul 14.00, dan kemudian pulang untuk mengedit.

Senada, salah satu pendiri dan CEO Spotify Daniel Ek juga percaya pada penjadwalan kreativitas. Menurutnya, orang-orang berpikir kreativitas tidak memiliki batas.

"Tidak, sebenarnya orang paling kreatif di dunia menjadwalkan kreativitasnya. Itulah ironi, jadi saya mencoba melakukan hal yang sama," tutur Daniel Ek.

Jadwal adalah sistem yang membuat tujuan Anda menjadi kenyataan. Jika Anda tidak menetapkan rutinitas untuk diri sendiri, satu-satunya pilihan Anda adalah mengandalkan motivasi. Ingat, Anda tidak selalu dapat mengandalkan inspirasi, tetapi Anda dapat mengandalkan upaya yang konsisten.

Cara kerja dari para orang sukses yang sudah dipaparkan tersebut, bisa mulai Anda terapkan mulai saat ini juga. Mungkin saja, dengan Anda menerapkan cara-cara kerja tersebut, Anda dapat menyusul mereka menjadi orang-orang sukses di dunia.

Apalagi bila pekerjaan Anda juga didukung dengan peranti yang mengakomodir pekerjaan Anda mulai dari multitasking hingga menulis catatan. Salah satu gawai yang bisa Anda gunakan adalah Samsung Galaxy Z Fold3 yang kini sudah dilengkapi teknologi Under Display Camera (UDC).

Galaxy Z Fold3Samsung Galaxy Z Fold3 Foto: Dok. Samsung

Dengan teknologi ini, pandangan Anda ke layar Galaxy Z Fold3 akan lebih nyaman dan luas, karena tak ada gangguan. Apalagi, ponsel ini dibekali dengan layar eksternal 6,7 inch dan layar internal 7,6 inch Infinite Flex Display.

Dengan jumlah piksel minimal pada daerah layar yang berada tepat di atas kamera, Galaxy Z Fold3 menawarkan area tampilan yang lebih luas untuk mengakses tiap aplikasi favorit. Ponsel ini juga dibekali penggunaan teknologi layar Eco terbaru yang meningkatkan kecerahan layar 29% dengan konsumsi energi yang lebih rendah.

Pengguna pun bisa menikmati pengalaman scrolling yang lebih mulus dan tingkat interaksi dengan layar yang lebih responsif dengan Super Smooth 120Hz adaptive refresh rate. Fitur adaptive refresh rate kini bisa dinikmati di layar utama maupun maupun Cover Screen.

Smartphone ini menjadi generasi Galaxy Z Series yang membawa teknologi dari Galaxy Note Series yaitu fungsi S Pen. Pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur S Pen yang sudah dioptimalkan untuk layar foldable, sehingga cocok untuk Anda yang multitasking.

Smartphone ini didukung prosesor Snapdragon 888 yang dapat diandalkan untuk menjalankan bisnis Anda. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dengan 2 pilihan ROM yaitu 256 GB/ 512 GB.

Samsung membuat ponsel lipat ini dengan desain yang lebih mulus, tipis, dan ringan untuk lebih mudah dibawa ke mana- mana. Samsung Galaxy Z Fold3 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Anda bisa memiliki smartphone ini mulai dari Rp 24.999.000, jauh lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Z Fold2 yang dibanderol hampir Rp 34 juta. Untuk Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.



Simak Video "Menggenggam Mewahnya Samsung Galaxy Z Fold3 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)