Interior Kantor Bisa Pengaruhi Kinerja Karyawan, Nih Buktinya

Khoirul Anam - detikFinance
Senin, 13 Sep 2021 14:02 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Desain kantor ternyata punya andil yang besar dalam meningkatkan produktivitas para karyawan. Pengaturan hingga tata letak di ruangan kantor disebut bisa mempengaruhi mood mereka selama beraktivitas di dalamnya.

Sejumlah penelitian pun mengatakan hal yang sama. Fitur ruangan kantor tertentu dapat membawa dampak positif atau negatif pada tingkat produktivitas kerja para karyawan.

Oleh karena itu, mengatur ruangan sangat diperlukan demi meningkatkan performa kerja. Dilansir dari spaceswork, berikut interior ruangan kantor yang membawa dampak positif bagi kinerja karyawan.

Kantor Hijau

Desain kantor ini adalah dengan meletakkan tanaman hijau di dalam ruangan. Studi yang dilakukan oleh University ofExeter pada 2014 menemukan bahwa menyediakan ruangan kantor dengan tanaman hijau dapat meningkatkan produktivitas karyawan sebesar 15 persen. Riset itu menyimpulkan, keberadaan tanaman di lingkungan kerja secara signifikan meningkatkan konsentrasi akibat kualitas udara yang lebih baik.

Harvard University juga menemukan hal senada. Peningkatan 'kualitas lingkungan dalam ruangan' dari tanaman hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif orang-orang yang berada di dalamnya. Temuan itu pun telah dipraktikkan di seluruh dunia, termasuk kantor pusat baru perusahaan Apple di California.

Kantor Penuh Cahaya Alami

Selain ruangan hijau, sejumlah penelitian telah menyoroti dampak dari tingkat pencahayaan yang berbeda pada produktivitas. The book Ethonomics: Designing for the Principles of the Modern Workplace menunjukkan bahwa ruangan kantor dengan pencahayaan rendah dan tidak berwarna mengantarkan karyawan ke dalam mood yang buruk.

Studi lain yang dilakukan Cornell University pada 2018 menyimpulkan, ada penurunan gejala kelelahan mata, sakit kepala, dan penglihatan kabur bagi mereka yang berada di ruangan kantor dengan cahaya siang hari yang maksimal. Semua itu tentunya mengurangi produktivitas dalam bekerja.

Oleh karena itu, mendesain ruangan agar mendapatkan paparan cahaya cukup penting. Ini mendorong karyawan mendapatkan lingkungan kerja yang menyenangkan sehingga kinerja pun tetap terjaga.

Kantor Bebas

Tata letak kantor memainkan peran dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan. Untuk itu, desain kantor bebas bisa menjadi alternatif lain.

Kantor bebas dapat diartikan dengan desain ruangan kantor yang tidak konvensional. Perusahaan raksasa teknologi Google sudah menerapkan ini dengan menyediakan berbagai hiburan di tempat kerja, seperti tempat bermain pingpong atau biliar hingga alat-alat kebugaran. Menyediakan fasilitas semacam itu ampuh dalam membantu karyawan kembali ke meja dengan pikiran yang lebih segar.

Kenyamanan memang diperlukan dalam meningkatkan produktivitas. Hal ini persis sebagaimana yang dilakukan oleh Samsung lewat produk Samsung Galaxy Z Fold3.

Galaxy Z Fold3Samsung Galaxy Z Fold3 Foto: Dok. Samsung

Samsung memberikan kenyamanan melalui produk terbarunya itu. Dengan teknologi Under Display Camera (UDC), perangkat ini menawarkan layar yang semakin lebar sehingga produktivitas pun dapat meningkat.

Dengan teknologi ini, pandangan Anda ke layar perangkat Galaxy Z Fold3 akan lebih nyaman dan luas, karena tak ada gangguan. Apalagi, ponsel ini dibekali dengan layar eksternal 6,7 inch dan layar internal 7,6 inch Infinite Flex Display.

Jumlah piksel minimal pada bagian layar di atas kamera membuat Samsung Galaxy Z Fold3 memiliki area tampilan lebih luas untuk mengakses aplikasi-aplikasi favorit. Ponsel ini juga dibekali penggunaan teknologi layar Eco terbaru yang meningkatkan kecerahan layar 29% dengan konsumsi energi yang lebih rendah.

Pengguna pun bisa menikmati pengalaman scrolling lebih mulus dan tingkat interaksi di layar yang lebih responsif dengan Super Smooth 120Hz Adaptive Refresh Rate pada layar utama maupun maupun Cover Screen

Samsung Galaxy Z Fold3 menjadi generasi Galaxy Z Series yang membawa teknologi fungsi S Pen dari Galaxy Note Series. Pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur S Pen yang telah dioptimalkan untuk layar foldable sehingga cocok bagi Anda yang multitasking.

Smartphone ini didukung prosesor Snapdragon 888 yang dapat diandalkan dalam menjalankan bisnis. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dengan 2 pilihan ROM yaitu 256 GB/ 512 GB.

Samsung membuat ponsel lipat ini dengan desain yang lebih mulus, tipis, dan ringan agar lebih mudah dibawa. Samsung Galaxy Z Fold3 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Anda bisa memiliki smartphone ini mulai dari Rp 24.999.000. Harga ini jauh lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Z Fold2 yang dibanderol hampir Rp 34 juta. Untuk Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.



Simak Video "Menggenggam Mewahnya Samsung Galaxy Z Fold3 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)