Luhut Beberkan 3 Syarat Hidup Berdampingan dengan Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 13 Sep 2021 20:38 WIB
Jakarta -

Pemerintah sedang menyusun strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan COVID-19. Menurut Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan ada 3 kunci supaya bisa hidup berdampingan dengan COVID-19.

Pertama, cakupan vaksinasi yang tinggi terutama untuk kelompok yang rentan seperti lansia. Kedua, penerapan 3 t yaitu pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) termasuk penanganan isolasi terpusat (isoter) secara optimal.

"Jadi isoter ini menjadi sangat penting nanti orang-orang yang kena pada status hitam di PeduliLindungi akan kita segera tangani. Di mal itu misalnya kalau sudah diperiksa itu akan kita langsung bawa ke karantina terpusat untuk menghindari penularan ke orang-orang lain," tegas Luhut dalam konferensi pers PPKM Senin (13/9/2021).

Ketiga, kepatuhan protokol kesehatan yang tinggi meliputi 3 m (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak), serta implementasi skrining PeduliLindungi.

"Jika capaian vaksinasi masih rendah, maka 3 strategi utama tersebut akan ditambahkan dengan pembatasan kegiatan masyarakat seperti implementasi PPKM yang ada saat ini," tegas Luhut yang juga koordinator PPKM Jawa & Bali.

(toy/hns)