40.000 Dosis Vaksin Siap Disuntik ke Warga Kalsel

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 14 Sep 2021 17:02 WIB
Vaksin Virus Corona Menuju RI
Foto: Vaksinasi Corona (Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming meninjau langsung vaksinasi Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Kalimantan Selatan. Sebanyak 40.000 dosis vaksin disiapkan untuk masyarakat umum di Kalimantan Selatan selama dua hari (13-14 September 2021).

Maming menyampaikan bahwa HIPMI berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menciptakan herd immunity. Oleh karena itu, program vaksinasi mesti dijalankan.

"Vaksin adalah tanda cinta dan penanda silaturahmi. Bekerjasama dengan PT. Maming Enam Sembilan dan PT Borneo Indobara, BPP HIPMI menggelar vaksinasi di Kota Banjarbaru dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan," ujar Maming, di Kalimantan Selatan, Selasa (14/9/2021).

Program vaksinasi yang dilakukan BPD HIPMI Kalimatan Selatan, kata Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu, sudah tepat sesuai visi dan misi organisasi dalam membantu pemerintah. Ia meminta seluruh BPD dan Badan Pengurus Cabang (BPC) yang lain turut melakukan kegiatan serupa.

"Kami menyediakan 40.000 dosis untuk semua masyarakat Kalimantan Selatan. Untuk pelajar, vaksin diberikan di SMP Negeri 5 Banjarbaru. Kita semua ingin badai pandemi segera berlalu dan ekonomi bangkit, kita ingin semua anak bangsa bisa kembali bekerja. Semoga kontribusi ini menjadi berkah yang dirasakan banyak orang," ucapnya.

Maming mengatakan, program ini digeber HIPMI untuk membantu percepatan vaksinasi demi melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Menurutnya, selain disiplin protokol kesehatan, vaksin merupakan ikhtiar untuk melalui pandemi Covid-19 yang melanda nusantara.

"Sebagai Putra Banua, saya senang melihat vaksinasi HIPMI pertama diadakan di luar Pulau Jawa yakni Kalimantan Selatan. Banyak yang bertanya mengapa sebelumnya diadakan di Pulau Jawa dan Bali. Jawabannya, pemerintah masih fokus ke Pulau Jawa dan Bali. Apalagi ada program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat," ungkapnya.

Program vaksinasi yang digelar BPD HIPMI Kalimantan Selatan mengusung tema "Vaksin Aman, Masyarakat Sehat" ini terselenggara atas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini Dinas Kesehatan, PT. Maming Enam Sembilan, dan PT. Borneo Indobara dimana kegiatan vaksinasi dengan protokol kesehatan yang ketat ini berlangsung selama dua hari Senin-Selasa 13-14 September 2021.

"Alhamdulillah, sekarang sudah bisa dilakukan di luar Pulau Jawa. Kalimantan Selatan menjadi lokasi pertama untuk vaksinasi. Kami BPP HIPMI menyediakan lebih dari 40.000 dosis vaksin. Kami fokus di Banjarmasin dan Banjarbaru untuk pelajar. Insya Allah, pada 28 dan 29 September mendatang akan diadakan di Tanah Bumbu dan Kotabaru," tuturnya.

CEO PT. Maming Enam Sembilan Grup itu menambahkan, pihaknya sekarang ke daerah-daerah untuk membantu pemerintah bagaimana agar vaksin bisa cepat. Terlebih lagi pemerintah dengan program sehari sejuta vaksinasi, tentunya diperlukan kolaborasi untuk mendukungnya. Bukan hanya kolaborasi dengan pengusaha, tetapi juga tokoh masyarakat.

"Mohon doa dari semua kawan-kawan agar masyarakat Banua sadar dengan vaksin serta vaksinnya bisa tersalurkan ke pihak yang membutuhkan. Kami berharap, agar warga Banua bisa kembali bekerja sebagaimana biasanya. Kami ingin ekonomi Indonesia segera bangkit. Jika kita bekerja keras dan tetap menjaga solidaritas, kita pasti bisa melalui pandemi ini," imbuhnya.

(dna/dna)