Catat, Ini Cara Bangun Sociopreneurship Biar MAXimal Bantu Sesama

Yudistira Imandiar - detikFinance
Rabu, 15 Sep 2021 14:11 WIB
pembuat masker
Foto: shutterstock
Jakarta -

Gerakan sociopreneurship atau kewirausahaan sosial bisa menjadi solusi untuk kamu yang bertekad memajukan perekonomian orang-orang di lingkunganmu. Lewat cara ini, kamu bisa membangun bisnis menguntungkan sekaligus membantu orang lain memperoleh penghasilan.

Dengan menggerakkan sociopreneurship, kamu juga bisa ikut berkontribusi membantu pemerintah menekan angka pengangguran serta menggairahkan perekonomian di daerahmu.

Sebagai penggerak, kamu harus berkomitmen dan bertanggung jawab atas kelangsungan usaha kelompok ini. Mengutip WeForum, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk membentuk sociopreneurship yang solid.

Temukan Passion-mu

Di tahap awal, pastikan kamu sudah menemukan usaha yang sesuai dengan passion atau keahlian yang dimiliki. Hal ini penting, sebab menjalankan usaha harus dilakukan secara konsisten dan terukur agar dapat terus berkembang.

Misalnya kamu memiliki passion di bidang kesehatan, mungkin saja bisnis yang kamu ingin jalankan tidak jauh dari hal-hal yang berbau kesehatan. Kamu bisa membuat bisnis pembuatan masker yang unik atau menjadi supplier oksigen.

Lakukan Riset

Saat menentukan jenis usaha yang ingin dijalani, jangan lewatkan proses riset untuk menentukan target konsumen hingga jaringan pemasaran yang akan dipakai untuk memasarkan produk. Buatlah rancangan yang matang untuk menghindari kesalahan dan kegagalan saat telah memulai bisnis.

Biar tidak pusing, coba ajak teman atau bertanya-tanya ke teman tentang apa saja yang sedang dibutuhkan saat ini atau barang-barang apa yang berpotensi cuan di masa yang akan datang. Riset ini penting dilakukan agar bisnis kamu berkembang.

Tentukan Jenis Usaha

Langkah berikutnya jika sudah menemukan jenis usaha yang dikehendaki, kamu perlu membentuk kelompok yang solid. Hal ini penting untuk membentuk budaya kerja yang kondusif dalam menjalankan usaha. Selain itu, pilih setidaknya satu orang yang dapat kamu percaya untuk mengorganisir kelompok usaha tersebut agar kamu bisa fokus mengurus pengembangan bisnis.

Setelah jenis usaha dan kelompokmu terbentuk, maka segeralah mulai usaha! Apapun tantangan yang dihadapi, teruslah maju karena tak ada kesuksesan yang instan. Kamu dan kelompok-mu harus sama-sama menjunjung komitmen untuk berjuang, walaupun pada perjalanannya banyak kesulitan yang merintangi.

Ketika menemui masalah, diskusikan bersama-sama dengan anggota kelompok untuk mencari jalan keluarnya. Selain itu, sebagai pemimpin kelompok kamu mesti rajin melakukan riset serta mencari solusi dari tantangan yang dihadapi. Hal ini akan membuat bisnismu dapat bertahan dan terus berkembang ke depannya.

Saatnya Ekspansi

Di level selanjutnya setelah usaha kelompokmu berjalan stabil, tak ada salahnya untuk mengekspansi bisnis. Salah satu caranya bisa dengan mendiversifikasi produk yang dibuat untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, bisa juga dengan memperluas jaringan pemasaran bahkan sampai ke luar negeri.

Agar bisnismu bisa cepat berkembang, coba bergabung dengan jaringan yang mewadahi pengembangan bisnis sociopreneurship, seperti Smartfren Community. Dalam program tersebut, Smartfren memberikan wadah untuk mendorong pengembangan sociopreneurship di Indonesia.

Pengembangan usaha sociopreneurship ini salah satunya dilakukan melalui program inkubasi bagi pengusaha yang baru dirilis tahun 2021, yaitu Teman Kreasi Indonesia. Teman Kreasi Indonesia mendorong gerakan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.

Teman Kreasi ingin menjadi #TemanBukaPeluangmu untuk masyarakat dalam mengembangkan semangat ko-kreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda. Ini juga membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi kreatif di berbagai daerah tempat Smartfren Community berada. Saat ini Smartfren Community sudah hadir di 102 kota Indonesia.

Lewat Teman Kreasi, Smartfren mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak salah satunya dengan menerima penghargaan dalam kategori Sustainable Innovative SME Development, atas inovasi 'Teman Kreasi Indonesia' dalam ajang Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

Program ini akan memberikan pesertanya sebuah laptop dengan internet yang didukung Smartfren Gokil Max yang punya kuota sultan. Gokil Max memberikan kuota lebih besar hingga 36 GB dan ada Extra Kuota hingga 70 GB (01.00 - 05.00 WIB).

Dengan harga teman mulai Rp30 ribu saja, kamu sudah bisa internetan MAXimal di semua aplikasi kapan saja dan di mana saja.

Ada pilihan Smartfren Gokil Max 9 GB dengan harga Rp30 ribu, kamu akan mendapatkan 3 GB Kuota Nasional, 6 GB Kuota Lokal, dan Extra Kuota 30 GB (01.00 - 05.00 WIB). Ada juga Gokil Max 21 GB dengan harga Rp50 ribu, kamu akan mendapatkan 7 GB Kuota Nasional, 14 GB Kuota Lokal, dan Extra Kuota 50 GB (01.00 - 05.00 WIB). Terakhir ada Gokil Max 36 GB dengan harga Rp70 ribu, kamu akan mendapatkan 12 GB Kuota Nasional, 24 GB Kuota Lokal, dan Extra Kuota 70 GB (01.00 - 05.00 WIB). Eits, soal pembagian kuota kamu nggak perlu bingung, Kuota Nasional bisa digunakan di mana saja sedangkan Kuota Lokal bisa digunakan di kota asal pembelian kartu perdana Smartfren Gokil Max.

Kamu bisa mendapatkan paket Smartfren Gokil Max dalam bentuk voucher data, kartu perdana, maupun paket data yang tersedia di aplikasi MySmartfren. Eits, buat kamu yang pertama kali download MySmartfren juga bisa mendapatkan bonus kuota 5 GB.

Kamu juga bisa nih melihat berbagai konten bisnis yang bermanfaat agar semakin berkembang lagi dengan mem-follow @temankreasi_id! Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa melihatnya di sini.



Simak Video "Berapa Kira-kira Harga Paket Internet 5G? Ini Jawaban Smartfren"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/hns)