Bisnis Action Figure Tidak Ada Matinya

detikTV - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 12:11 WIB
Jakarta -

Hobi mengoleksi action figure bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan. Lantaran besarnya pasar dan terus tumbuh fans baru tiap tahun.

"Kalau saya bilang fansnya akan terus tumbuh jadi dia tidak akan mati misalkan selama anime, Marvel Cinematic Universe (MCU), komik-komik publish," ujar Pemilik Greenland Toys Andy Kurniawan dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (15/9/2021).

Lebih lanjut Andy jelaskan sekalipun batasan pasar action figure hanya di komunitas, tetapi peminat dan antusiasme sangat tinggi. Terlebih action figure tidak ada kata expired.

"Saya tidak bisa memastikan ini besar sekali atau enggak, enggak bisa dipastikan. Cuma kalau besar iya. Kalau range umur anak-anak, karena kita ini collectible jadi antara usia 12 sampai yang tertua itu 64 tahun," ujarnya.

Andy mengatakan bisnis hobi tidak lepas dari trend yang pasang surut. Salah satu solusinya untuk menutup kerugian dengan membuat sale mainan tersisa.

"Untuk menjual mainan ini harus mencari pasar sendiri yang lebih kuat. Selain itu penjual juga harus memahami tren yang sedang terjadi saat itu. Misalnya film apa yang sedang tayang dan akan main," ungkapnya.



(edo/fua)