Siap-siap! Bantuan PKL-Warteg Rp 1,2 Juta Meluncur Akhir September

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 13:47 WIB
Warteg di Ciputat, Tangsel dipalak Karang Taruna Gadungan untuk Sumbangan 17 Agustus (Kadek/detikcom)
Foto: Warteg di Ciputat, Tangsel dipalak Karang Taruna Gadungan untuk Sumbangan 17 Agustus (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah memiliki program bantuan tunai baru yakni kepada PKL (pedagang kaki lima) dan warung sebesar Rp 1,2 juta. Bantuan itu disebut akan diluncurkan pada akhir September 2021.

Informasi itu, dibahas dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara) bersama asosiasi pedagang lainnya yang berlangsung Rabu (15/9) di Istana Negara.

"Ya dibahas (bantuan PKL-warung Rp 1,2 juta), Presiden menjanjikan akhir bulan nanti di launching dan dikawal dari asosiasi pedagang kaki lima dan warung," kata kata Kowantara Mukroni, kepada detikcom, Kamis (16/9/2021).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah melakukan uji coba peluncuran di Polrestabes Medan. Airlangga dalam kesempatan itu juga mengatakan peluncuran akan dilakukan oleh Jokowi.

"Hari ini saya sudah laporkan ke Bapak Presiden bahwa saya dan Menkeu hadir untuk uji coba. Kalau sistemnya lancar nanti Bapak Presiden akan melaunching," kata Airlangga dalam memberikan bantuan tunai PKL-Warung di Polrestabes Medan yang dilihat virtual, Kamis (9/9).

Mengenai anggaran bantuan PKL-warung yang disiapkan oleh pemerintah sebesar Rp 1,2 triliun dan diharap bisa diterima oleh 1 juta orang. Bantuan itu kan disalurkan melalui TNI dan Polri masing-masing 500.000 orang.

Apa saja kriteria penerimananya, baca di halaman selanjutnya:



Simak Video "PKL Malioboro Tolak Relokasi: Kita Siap Ditata Tanpa Dipindah"
[Gambas:Video 20detik]