Resmi Dilebur, Begini Skema Layanan Ultra Mikro BRI-Pegadaian-PNM

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Minggu, 19 Sep 2021 12:30 WIB
sinergiultramikro-bandarlampung
Foto: detikcom/Agung Pambudhy
Bandar Lampung -

Tiga entitas BUMN, yakni BRI, Pegadaian, dan PNM resmi melebur dalam Holding Ultra Mikro (UMi). Layanan ketiga perusahaan ini diintegrasikan melalui penempatan co-location Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum) di sejumlah daerah.

Di Lampung Tengah, Co-Location Ultra Mikro ini berada di Desa Terbanggi Subing, Kecamatan Gunung Sugih. Gerai Co-Location ini sebelumnya merupakan Kantor BRI Unit Gotong Royong.

Kepala Unit BRI Gotong Royong Redi Anto menjelaskan kepada detikcom, di co-location Senyum tersebut, nasabah BRI dapat mengakses layanan dari Pegadaian maupun PNM, begitu juga sebaliknya.

Skema layanan terintegrasi ini, kata Redi, membuat Holding Ultra Mikro memiliki jaringan yang luas. Setiap entitas, terutama Pegadaian dan PNM dapat menjangkau nasabah terdekat dari co-location Senyum.

"Yang jelas dari hadirnya gabungan 3 entitas ini, yang tadinya calon nasabah ingin hadir ke PNM atau Pegadaian itu jauh, karena memang kondisinya sebelum ada co-location ini Pegadaian jarak tempuh dari unit kerja sekitar 10 km juga kantor PNM sendiri di Gunung Sugih dari kantor kita sekitar 6 km. dengan adanya mereka hadir dan bergabung di sini otomatis bisa lebih dekat, ada efisiensi waktu sekiranya nasabah ingin membutuhkan pelayanan baik itu dari BRI, PNM, atau Pegadaian," jelas Redi.

Redi menerangkan setelah adanya Holding Ultra Mikro, para petugas lapangan BRI, Pegadaian, dan PNM dapat saling merekomendasikan layanan dari setiap entitas. Misalnya, mantri BRI menawarkan produk tabungan, investasi, atau gadai emas di Pegadaian.

"Tujuan ke depan mungkin diharapkan nasabah atau warga masyarakat di sekitaran BRI, khususnya BRI Unit Gotong Royong yang dijadikan pilot bisa bergabung dengan nasabah BRI baik yang sudah eksisting, maupun yang belum. Harapannya yang belum (mengenal bank) ini bisa mengenal bank lebih dekat karena tidak dipungkiri mayoritas warga yang belum mengenal perbankan takut ke bank karena menurut mereka bank ini satu lembaga yang besar, jadi kalau mau berhubungan dengan perbankan asumsinya takut ribet dan takut dengan hukum," jelas Redi.

sinergiultramikro-bandarlampung Foto: detikcom/Agung Pambudhy

Sementara itu, Kepala Cabang PNM Gunung Sugih Desi Vitha Bella menguraikan setelah adanya Co-Location Senyum ini para Account Officer (AO) PNM dapat menarik uang atau menyetorkan uang dari cicilan nasabah ke BRI lebih cepat, melalui layanan kas di Co-Location. Sebelum ada Holding Ultra Mikro, AO PNM mesti antre saat mengambil dan menyetor uang.

"Keuntungan lainnya bagi nasabah mereka bisa dibantu untuk membuka tabungan di BRI atau menabung dan gadai emas di Pegadaian. AO PNM memfasilitas mereka untuk membuka tabungan di BRI dan Pegadaian," terang Desi.

Kepala Pegadaian Cabang Bandarjaya Firdaus Ardi menimpali co-location Senyum memungkinkan Pegadaian untuk menjangkau nasabah baru yang lokasinya jauh dari Unit Pegadaian eksisting.

"Dengan adanya co-location ini ada kemudahan yang didapatkan oleh masyarakat bahwa mereka tidak perlu lagi ke Lampung Tengah, Bandar Jaya tapi bisa langsung ke unit Co-Location untuk bertransaksi di sana. Secara umumnya, masyarakat akan terbiasa untuk berkomunikasi, bersosialisasi dengan BRI," papar Firdaus.

Holding Ultra Mikro diharapkan dapat mengakselerasi literasi keuangan melalui layanan yang inklusif, terutama bagi masyarakat di pedesaan.

"Harapan kami dengan adanya penggabungan tiga entitas yang kita sebut co-location dan adanya Sentra Ultra Mikro Senyum ini bisa mengembangkan potensi perekonomian yang ada di sekitar wilayah kabupaten lampung tengah, khususnya Kecamatan Gunung Sugih," tuntas Redi.

detikcom bersama BRI mengadakan program Sinergi Ultra Mikro di Bandar Lampung dan Semarang untuk mengulas upaya peningkatan inklusi finansial masyarakat melalui sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM dalam Holding Ultra Mikro. Holding Ultra Mikro berupaya mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan untuk peningkatan UMKM di Tanah Air.


Untuk informasi lebih lengkap, ikuti beritanya di https://sinergiultramikro.detik.com/.

(akn/hns)