Diresmikan, Tambak Udang Vaname Bisa Dorong Ekonomi Kerakyatan

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 19 Sep 2021 08:38 WIB
Tambak Udang
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Tambak udang vaname seluas satu hektar yang berada di Desa Babakan, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, diresmikan. Tambak udang ini dibangun atas kolaborasi Arus Baru Indonesia (ARBI) bersama petani tambak rakyat milenial dan Koperasi Sakyeg Saeko Proyo yang didukung oleh PT Pertamina dan PT Perhutani.

Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim mengungkapkan, Wakil Presiden mendorong pemulihan ekonomi kerakyatan di tengah pandemi covid-19. Pengembangan tambak udang vaname merupakan salah satu membangkitkan ekonomi rakyat.

Program penguatan ekonomi berbasis kerakyatan ini didasari atas komitmen kemandirian ekonomi sebagai kunci kesejahteraan, sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

Kabupaten Cilacap, sebutnya, memiliki potensi luar biasa untuk sektor perikanan budidaya, khususnya udang vaname. Namun untuk membangun potensi tersebut membutuhkan kontribusi seluruh stakeholder.

"Di tengah pandemi COVID-19 dibutuhkan skema kebersamaan pembangunan. Di Cilacap, sektor perikanan budidaya udang vaname memiliki potensi yang luar biasa," kata Lukman dalam keterangannya, Minggu (19/9/2021).

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menjelaskan, Kabupaten Cilacap memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat. Demikian juga dengan udang vaname.

Sebagai wilayah pesisir dengan garis pantai lebih dari 170 Km, udang vaname berpotensi menjadi salah satu penunjang pengembangan ekonomi kerakyatan.

"Kabupaten Cilacap memiliki empat potensi industri besar, salah satunya pangan pertanian dan perikanan udang vaname. Kami optimis udang vaname bisa berkembang guna menghadirkan kemandirian ekonomi," tegasnya.